News Kamis, 21 September 2023 | 20:09

Pjs Ketum GMKI: Pembangunan IKN Nusantara Harus Melibatkan Generasi Muda

Lihat Foto Pjs Ketum GMKI: Pembangunan IKN Nusantara Harus Melibatkan Generasi Muda Presiden Jokowi di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kamis. 23 Februari 2023. (Foto: Ist)

Jakarta - Pejabat Sementara (Pjs) Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Muda Kristen Indonesia (PP GMKI), Epafras Tuidano mendukung pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Dalam proses pembangunan IKN ini, PP GMKI dan seluruh civitas GMKI se-Tanah Air berkomitmen menjadi garda terdepan mengawal seluruh proses pelaksanaan pembangunan ibu kota negara tersebut. 

"Kami Pengurus Pusat GMKI sangat mendukung pemindahan dan akselerasi pembangunan IKN di Kalimantan Timur," kata Epafras Tuidano di Samarinda, Kamis, 21 September 2023.

Ia menyampaikan bahwa di tengah proses percepatan pembangunan IKN ini, pemerintah harus tetap memperhatikan aspek lingkungan serta keterlibatan warga lokal.

"Tidak kalah penting kami juga berharap agar keterlibatan warga lokal dalam proses pembangunan IKN dapat menjadi perhatian Pemerintah," ujarnya.

Lebih lanjut, dia berharap agar seluruh proses pembangunan IKN tetap memperhatikan keterlibatan generasi muda. Terkhusus para pemuda dari Kalimantan, lanjutnya, dapat dilibatkan dalam proses pembangunan sehingga IKN menjadi ibu kota masa depan para pemuda Indonesia.

Selain itu, sambungnya, urgensi pemindahan IKN Nusantara merupakan wujud pemerataan pembangunan untuk menghadapi tantangan masa depan Indonesia yang sesuai dengan visi Indonesia 2045 yaitu Indonesia Maju.

Pada tahun 2045, ekonomi Indonesia juga diklaim akan masuk 5 besar dunia. Epafras menjelaskan, diperkirakan PDB per kapita sebesar US$ 23.119. Kemudian, tahun 2036 diperkirakan Indonesia akan keluar dari middle income trap

"Untuk mencapai itu dibutuhkan transformasi ekonomi yang didukung oleh hilirisasi industri dan pemanfaatan sumber daya manusia, infrastruktur, penyederhanaan regulasi, dan reformasi birokrasi yang dimulai dari tahun 2020-2024," tuturnya.

Oleh sebab itu, katanya, dibutuhkan IKN yang dapat mendukung dan mendorong transformasi ekonomi untuk mencapai cita-cita pada Visi Indonesia 2045. 

Selain itu, lanjutnya, perlu mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata bagi kawasan Indonesia Timur. IKN diharapkan menjadi kota berkelas dunia dan merupakan kebanggaan semua rakyat Indonesia. 

"IKN yang berlokasi di Kalimantan diharapkan menjadi pusat gravitasi ekonomi baru di Indonesia dan memberikan stimulus bertumbuhnya ekonomi di kawasan tengah dan timur Indonesia," ucap Epafras.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya