Daerah Senin, 21 Agustus 2023 | 14:08

Potensi E-sport Sulbar Besar, Siap Gondol Medali PON Aceh dan Sumut

Lihat Foto Potensi E-sport Sulbar Besar, Siap Gondol Medali PON Aceh dan Sumut Juara Mobile Legend (ML) Piala Gubernur Sulbar. (Foto: opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Peringati HUT RI ke 78 dan hari jadi Sulbar, ESI Sulbar menggelar turnamen Piala Gubernur yang mempertandingkan sejumlah game.

Mulai dari Mobile Legend (ML), PUBG Mobile, Free Fire (FF), Console PES (E-football) dan Bettle Of Guardian (BOG).

Turnamen Piala Gubernur Sulbar tersebut resmi berakhir Minggu, 20 Agustus 2023 tadi malam dan ditutup Pj Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Diwawancarai usai menutup Piala Gubernur Sulbar, Zudan mengungkapkan, E-sport bertujuan untuk menggairahkan, agar dunia E-sport bagi generasi muda tumbuh lebih bagus lagi.

"Dan kita tau, Sulbar potensinya besar. Lebih dari 3000 atlet E-sport di Sulbar. Nah, ini harus kita latih terus untuk persiapan-persiapan di berbagai turnamen, terutama untuk di pra-PON," kata Zudan.

Dia juga mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya menjadikan E-sport sebagai wadah bagi generasi muda untuk melakukan aktivitas yang positif.

"Karena kita tau dunia digital itu menarik bagi generasi muda kita dan ini harus menjadi sarana untuk menjadikan mereka memiliki keterampilan-keterampilan yang positif dan tidak masuk kedalam kehidupan yang negatif," ujarnya.

"Misalnya seperti narkoba, kawin muda, ya kemudian kawin muda bukan kita anggap negatif tapi itu harus dihindari, sehingga generasi muda kita kawin pada usia yang matang," sambung Zudan.

Zudan berpesan, agar cabang olah raga E-sport dijadikan sarana dalam membangun sportifitas generasi mudah di Sulbar.

"Termasuk menguatkan persatuan dan persaudaraan, karena dengan olah raga ini, bisa terjalin hubungan silaturahmi yang lebih akrab lagi antara sesama generasi muda," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengprov ESI Sulbar, Sugiat menjelaskan, turnamen Piala Gubernur digelar untuk menghadapi pra-PON.

"Mudah-mudahan nanti lolos dalam pra-PON, sehingga E-sport Sulbar bisa masuk dalam yang dipertandingkan di PON ke 21 di Aceh dan Sumut," kata Sugiat.

Dia pun optimis, para atlet E-sport di Sulbar dapat menggondol medali jika lolos ke PON nantinya, melihat potensi yang dimiliki.

"Saya sudah berkeliling ke kabupaten-kabupaten se Sulbar dan mereka cukup antusias," imbuhnya.

Ketua Harian E-sport Sulbar, Risbar membeberkan, setelah penutupan turnamen Piala Gubernur, bakal dilanjutkan dengan traning cam menuju pra-PON.

"Fokus kita traning cam, selain fisik kita ada dari kodim pelatihan fisik, fokus kita yang penting adalah pelatihan mental. Karena mental ini sangat penting, kita tidak mau atlet kita kalah sebelum bertarung," beber Risbar.

Sehingga, dirinya tak ingin Sulbar dianggap tidak mampu bersaing dengan daerah-daerah lain, khusus pada cabang olah raga E-sport.

"Artinya jangan anggap kita di Sulbar ini agak kecil, tapi semangat kami besar untuk bermain. Jadi, fokus kami di mental karena mental adalah segala-galanya untuk menang," tutupnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya