News Kamis, 03 Maret 2022 | 22:03

Prabowo Kontak Menhan Rusia Agar Proses Evakuasi 80 WNI dari Ukraina Berjalan Aman

Lihat Foto Prabowo Kontak Menhan Rusia Agar Proses Evakuasi 80 WNI dari Ukraina Berjalan Aman Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (foto: Biro Pers Setpres).

Jakarta - Wakil Menteri Pertahanan, Letjen TNI Muhammad Herindra mewakili Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari wilayah perang Ukraina di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sebanyak 80 WNI dan tiga warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI berada di dalam rombongan tersebut. Mereka tiba dengan selamat di Tanah Air sekitar pukul 17.10 WIB dengan pesawat Garuda Indonesia.

Herindra mengatakan dalam upaya evakuasi ini, Menhan Prabowo selalu berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno, serta mengambil langkah diplomasi pertahanan dengan berkomunikasi langsung dengan Menhan Rusia via telepon agar menjamin keselamatan WNI selama proses evakuasi.

"Menhan RI Pak Prabowo Subianto berupaya untuk selalu kontak dengan via Kementerian Pertahanan Rusia agar proses evakuasi yang dilaksanakan selama ini berjalan dengan aman sehingga warga negara Indonesia akan tetap terjamin keamanannya," kata Wamenhan Herindra meneruskan keterangan tertulisnya, Kamis, 3 Maret 2022.

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi menjelaskan dalam proses evakuasi ini, tim penjemput dari Jakarta berangkat menuju Bucharest dari Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa 2 Maret 2022, pukul 18.40 WIB dan tiba di Bandara Henri Coanda, Bucharest, 3 Maret 2022, pukul 15.10 waktu setempat.

Pesawat penjemput kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat. Rute perjalanan yang ditempuh adalah Bucharest - Madinah - Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam.

Lebih lanjut, dia menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Duta Besar RI di Bucharest, Warsawa, Kiev dan Moskow beserta seluruh tim yang telah bahu-membahu bekerja sama melakukan evakuasi yang sangat tidak mudah ini.

Menlu Retno menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menhan Prabowo, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), dan tim penjemput yang terdiri dari Mabes TNI, BIN, Garuda Indonesia, serta instansi lainnya yang telah membantu kelancaran jalannya penjemputan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya