News Jum'at, 11 Februari 2022 | 15:02

Prabowo Teken Kontrak Pembelian Pesawat Tempur Dassault Rafale Buatan Prancis

Lihat Foto Prabowo Teken Kontrak Pembelian Pesawat Tempur Dassault Rafale Buatan Prancis Menhan RI Prabowo Subianto bersama Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly saat teken kontrak pembelian pesawat tempur Dassault Rafale, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis, 10 Februari 2022. (Foto:Istimewa) Kemhan

 

Jakarta - Kementerian Pertahanan (Kemhan) menandatangani kontrak kerja sama pembelian enam pesawat tempur generasi 4,5, Dassault Rafale, buatan Prancis.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan hal itu usai menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis, 10 Februari 2022.

Menurut Prabowo, Indonesia merencanakan pembelian alutsista yang cukup signifikan untuk multirole combat aircraft dengan mengakuisisi 42 Pesawat Rafale.

"Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk enam pesawat," kata Prabowo mengutip ANTARA, Jumat, 11 Februari 2022.

Mantan Danjen Kopassus ini mengatakan, dalam waktu dekat akan disusul kontrak untuk 36 pesawat lagi dengan dukungan latihan persenjataan dan simulator-simulator yang dibutuhkan.

Tak hanya itu, usai pertemuan bilateral tersebut Menhan Prabowo Subianto dan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly menyaksikan penandatanganan MoU kerja sama di bidang research and development kapal selam antara PT PAL dengan Naval Grup.

"Tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam kelas Scorpene dengan AIP beserta persenjataan dan suku cadang yang dibutuhkan termasuk latihan," ujarnya.

Selain itu, ada pula kerja sama antara Dassault dan PT DI untuk maintenance, repair, dan overhaul pesawat-pesawat Prancis di Indonesia, seperti Rafale, Helikopter Caracal, dan lainnya.

Termasuk, lanjutnya, MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group serta kerja sama pembuatan amunisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.

"Kerja sama PT Pindad untuk manufacturing amunisi guna keperluan persenjataan darat dan amunisi kaliber besar," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly menyambut baik penandatanganan berbagai MoU serta kontrak pengadaan Pesawat Tempur Rafale oleh Indonesia.

"Kami senang sekali Indonesia memilih Prancis sebagai mitra dalam program modernisasi alutsista, khususnya untuk pesawat tempur," kata Parly.

"Saya yakin perusahaan Indonesia dapat menjalin kemitraan untuk mendukung program modernisasi alutsista TNI yang lain demi mengembangkan industri strategis nasional Indonesia," ujarnya menambahkan.

Menurutnya, pilihan Indonesia untuk pengadaan Pesawat Tempur Rafale merupakan pilihan kedaulatan dan keunggulan teknis karena.

Sebab, lanjut dia, Rafale telah memberikan kapasitas operasional pada banyak kesempatan dan masih menjalankan misi di sejumlah medan yang sangat menantang.

"Pilihan ini menunjukkan kepercayaan Indonesia terhadap Prancis sebagai bukti kemitraan strategis kita sangat kuat dan dinamis," katanya.

Parly menambahkan, penandatanganan kontrak ini merupakan tahap penting dalam proses pengadaan alutsista Indonesia.

"Kontrak akan diaktifkan sesegera mungkin untuk meluncurkan proses produksi agar Indonesia dapat memanfaatkan Pesawat Rafale dalam waktu dekat," ucap Parly.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya