Daerah Senin, 11 April 2022 | 10:04

Prajurit Kodam XIV Hasanuddin Siap Bantu Polisi Amankan Aksi Unjuk Rasa

Lihat Foto Prajurit Kodam XIV Hasanuddin Siap Bantu Polisi Amankan Aksi Unjuk Rasa Prajurit TNI disiagakan siap bantu polisi amankan unjuk rasa, Senin 11 April 2022. (Foto: Opsi/Kodam Hasanuddin)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Rencana unjuk rasa yang akan digelar oleh Aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI) Senin 11 April 2022, TNI dalam hal ini Kodam XIV/Hasanuddin siap membantu tugas kepolisian dalam hal pengamanan saat demo di wilayah jajaran Kodam XIV Hasanuddin yakni di wilayah Sulsel, Sulbar dan Sultra.

Kapendam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H., saat dihubungi menuturkan, personel jajaran Kodam Hasanuddin sudah siap untuk di-BKO ke Polda dan Polres - Polres untuk antisipasi aksi unjuk rasa.

"Kita telah menyiagakan seluruh satuan dari Kodam dan jajaran mulai dari Korem, Kodim sampai dengan satuan setingkat Batalyon untuk diperbantukan ke Polda dan Polres-Polres dalam pengamanan aksi demo nanti, khususnya pada titik-titik demontrasi yang menjadi konsentrasi massa," ujarnya, Senin 11 April 2022.

Selain itu, Kodam juga sudah menyiagakan personel dimana ada perwakilan dari masing-masing Satuan Tempur (Satpur) untuk melaksanakan siaga di Makodam dengan tujuan selalu siap setiap saat bergerak sesuai prosedur, apabila ada permintaan dari Polda.

"Prajurit TNI sifatnya membantu pengamanan aksi, namun dalam proses pengamanan para prajurit akan tetap mengikuti prosedur pengamanan, dan akan bertindak sesuai tugas pokok, fungsi, dan kewenangannya," jelasnya.

Kapendam pun menghimbau agar demonstran dapat melakukan aksinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kami pun berharap peserta demontrasi melakukan aksi sesuai ketentuan dan tidak melanggar hukum, tetap tertib serta tidak anarkis," tutupnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya