News Selasa, 22 Maret 2022 | 10:03

Presiden Jokowi Khawatir perang Rusia-Ukraina akan Berdampak Terhadap Ekonomi Global

Lihat Foto Presiden Jokowi Khawatir perang Rusia-Ukraina akan Berdampak Terhadap Ekonomi Global Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan sambutan kunci pada S20 High Level Policy Webinar secara virtual dari Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022. (foto: Antara/Gilang Galiartha)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kelangkaan energi dan pangan, serta ancaman inflasi global, di tengah perang Rusia-Ukraina akan memperparah krisis ekonomi di dunia.

Padahal kata dia, ekonomi dunia belum benar-benar plih akibat pandemi Covid-19 yang melanda global lebih dari dua tahun terakhir.

"Perang membuat pusing semua negara ini akan memperdalam krisis perekonomian dan meningkatkan ketegangan politik dunia," tuturnya dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022 bertema Percepatan Pemulihan Ekonomi Indonesia 2022, Selasa 22 Maret 2022.

Jokowi menambahkan, harga minyak mentah dunia kini naik. Diikuti harga gas, harga pangan, seperti gandum pun naik. Tak terkecuali harga komoditas barang tambang dan batu bara. Kenaikan harga-harga dibayangi dengan lonjakan inflasi.

"Permasalahan ini menjadi tantangan banyak negara, termasuk juga Indonesia," jelasnya.

Oleh karena itu kata Jokowi, kebijakan yang diterbitkan cepat dan tepat dengan implementasi yang efektif. Salah satunya, investasi yang masuk mampu menciptakan tenaga kerja.

"Saya meyakini kita bisa mengakselerasi perekonomian jauh lebih baik tahun ini dan memperkokoh perekonomian kita," tegas Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya