News Rabu, 16 Maret 2022 | 16:03

Presiden Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Lihat Foto Presiden Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Presiden Jokowi luncurkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 saat persemian di Cikarang, Jawa Barat, 16 Maret 2022. (foto: YouTube/Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan peluncuran mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia, yaitu Ioniq 5 buatan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

"Hari ini saya datang ke Bekasi untuk menyaksikan dan meluncurkan mobil listrik Ioniq 5. Momen yang terus saya tunggu-tunggu," kata Presiden Joko Widodo di Cikarang, Jawa Barat, Rabu, 16 Maret 2022.

Presiden menegaskan, pemerintah segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan.

Baca jugaKolaborasi Inklusif, Pertamina Dukung Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik

Ke depan, ia harapkan, kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama di Indonesia.

"Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara," ucap Jokowi.

Jokowi memastikan, pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya, terutama industri baterai.

Baca jugaAnies Baswedan Fokus Ubah Angkutan Umum ke Kendaraan Listrik

"Seperti hari ini Hyundai akan meluncurkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5. Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor," katanya.

Presiden Jokowi berharap mobil Ioniq 5 akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia sehingga semakin canggih dan diminati. 

Ioniq 5 pertama kali diperkenalkan pada 23 Februari 2021 dan menjadi mobil pertama Hyundai yang menggunakan platform Hyundai "Electric Global Modular Platform" (E-GMP). []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya