News Senin, 20 Juni 2022 | 16:06

Presiden Jokowi Minta Luhut dan Zulhas Turunkan Harga Minyak Goreng Secepatnya!

Lihat Foto Presiden Jokowi Minta Luhut dan Zulhas Turunkan Harga Minyak Goreng Secepatnya! Presiden Jokowi. foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas), secepatnya menurunkan harga minyak goreng curah di seluruh provinsi menjadi Rp 14.000 per liter.

“Tadi menanyakan ke Pak Menko Maritim dan Investasi serta Mendag yang baru, (keduanya) masih minta waktu 2 minggu sampai 1 bulan. Saya kira secepatnya, agar harga terjangkau oleh masyarakat,” kata Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin, 20 Juni 2022.

Sejak akhir Mei 2022, Luhut ditugaskan Presiden Jokowi untuk mengatasi sengkarut kelangkaan minyak goreng dan kenaikan harga bahan pokok tersebut. Sementara, Zulhas selaku Mendag menjadi menteri penanggung jawab perkembangan harga barang dan jasa.

Presiden meminta, agar harga minyak goreng curah merata sebesar Rp 14.000 di seluruh provinsi di Indonesia. Ia telah melakukan inspeksi ke pasar di Jawa Barat dan Banten serta menemukan harga minyak goreng curah sudah sesuai ketentuan pemerintah pada harga Rp 14.000 per liter.

"Saya senang kemarin datang ke beberapa pasar di Jawa Barat dan kemarin cek lagi di Banten, harga minyak goreng curah sudah di Rp 14.000. Tapi apakah hanya di dua provinsi? Kita harapkan di semua provinsi berada di angka itu,” katanya.

Jokowi menegaskan saat ini kebijakan yang menjadi prioritas adalah menjaga harga barang agar tetap terjangkau oleh masyarakat. Kebijakan ini diambil untuk memprioritaskan kepentingan masyarakat di tengah tekanan rantai pasok produk pangan dan energi di pasar global. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya