News Rabu, 01 Juni 2022 | 09:06

Presiden Jokowi: Pancasila Menjadi Bintang Penuntun Saat Menghadapi Tantangan

Lihat Foto Presiden Jokowi: Pancasila Menjadi Bintang Penuntun Saat Menghadapi Tantangan Presiden Jokowi saat memberikan amanat pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila, Ende, NTT, Rabu, 1 Juni 2022. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Editor: Fetra Tumanggor

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Pancasila telah mempersatukan Indonesia dan menjadi bintang penuntun saat menghadapi tantangan dan ujian.

Hal itu, kata Presiden, terbukti saat berkali-kali bangsa Indonesia menghadapi berbagai persoalan. "Bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh sebab kita sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," kata Presiden Jokowi saat memberikan amanat pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila, Ende, NTT, Rabu, 1 Juni 2022.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta. Presiden juga mengajak semua pihak untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Jokowi mengatakan, Ende merupakan kota bersejarah karena di kota inilah Soekarno, Presiden pertama RI, merenungkan dan merumuskan Pancasila.

"Yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara," ujar Jokowi, mengutip siaran langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 1 Juni 2022.

"Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Presiden.

Dalam upacara ini, Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dan memberikan amanat. Adapun komandan upacara kali ini yakni Kolonel Inf Tunjung Setyabudi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana.

Kemudian bertindak selaku pembaca naskah Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo. Sementara itu, Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick membacakan naskah UUD 1945.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy membacakan doa setelah pemberian amanat dari inspektur upacara.

Dalam upacara kali ini, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ende, yakni Ragi Lambu Luka Lesu. Ibu Iriana Jokowi pun tampak mengenakan kain motif tradisional Ende berwarna ungu tua.

Selain itu, upacara kali ini juga diikuti para pejabat negara secara virtual. Antara lain tampak Wakil Presiden Ma`ruf Amin dan Ibu Wury Ma`ruf Amin dan Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno yang mengikuti jalannya upacara secara daring.

Usai mengikuti upacara di Lapangan Pancasila, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengunjungi Taman Perenungan Bung Karno yang berada tak jauh dari lokasi upacara tersebut.

Di taman inilah Presiden pertama RI, Soekarno menghabiskan waktu untuk membaca buku dan merenung saat menjalani masa pengasingan di Ende. Taman ini disebut sebagai lokasi saat Bung Karno menemukan ide tentang Pancasila sebagai dasar negara. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya