News Jum'at, 29 April 2022 | 19:04

Presiden Jokowi Pastikan Vladimir Putin Hadiri KTT G20 di Bali

Lihat Foto Presiden Jokowi Pastikan Vladimir Putin Hadiri KTT G20 di Bali Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (foto: ist).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022.

"Dalam kesempatan tersebut, Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 29 April 2022.

Rencananya, KTT G20 yang akan dihadiri para kepala negara dan pemerintahan anggota G20, berlangsung pada November 2022 di Bali.

Presiden mengungkapkan dia dan Putin berbincang melalui sambungan telepon pada Kamis, 28 April 2022, pukul 19.00 WIB.

"Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina, termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina," ucap Jokowi.

Dia pun kembali menekankan pentingnya mengakhiri perang tersebut.

"Saya juga menekankan agar solusi damai dapat terus dikedepankan dan Indonesia siap berkontribusi untuk upaya damai tersebut," katanya.

Sementara pada Rabu, 27 APril 2022 pukul 15.00 WIB, Presiden Jokowi sudah menyampaikan undangan melalui telepon kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk menghadiri KTT G20.

Ukraina memang bukan anggota G20, namun ketua forum G20 sebelumnya pernah mengundang negara lain sebagai tamu untuk menghadiri pertemuan tersebut.

G20 mengutuk invasi Rusia di Ukraina, yang kini telah memasuki pekan ke sembilan. Invasi tersebut meningkatkan ketegangan geopolitik, mengancam ekonomi global, dan memicu krisis kemanusiaan.

Sejumlah anggota G20 bahkan menyerukan agar Rusia dan Presiden Putin dikeluarkan dari daftar kehadiran KTT G20 di Bali pada November. Namun, Indonesia menolak dan mengatakan terlalu dini untuk memutuskan hal itu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya