News Selasa, 15 Maret 2022 | 15:03

Presiden Jokowi: Pembangunan IKN Butuh Waktu 15-20 Tahun

Lihat Foto Presiden Jokowi: Pembangunan IKN Butuh Waktu 15-20 Tahun Presiden Joko Widodo di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa, 15 Maret 2022. (foto: Opsi/YouTube Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperkirakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, akan memakan waktu sekitar 15-20 tahun untuk betul-betul bisa selesai. Pasalnya, membangun IKN merupakan pekerjaan raksasa dan rumit.

"Oleh sebab itu memang butuh waktu yang panjang antara 15-20 tahun baru bisa diselesaikan," kata Presiden Jokowi dalam video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 15 Maret 2022.

Dia berharap proses pembangunan tersebut akan semakin terlihat perkembangannya menyusul pelantikan Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono dan Wakil Kepala Dhony Rahajoe pada Kamis, 10 Maret 2022 lalu.

Baca jugaPresiden Jokowi: Pemindahan IKN Dua Kali Kandas karena Pergolakan

Menurut Jokowi, nantinya Otorita IKN yang akan merancang perencanaan lebih terperinci terkait pembangunan Nusantara, termasuk di dalamnya Detail Engineering Design (DED).

"Kelembagaan sudah ada, nanti perencanaan yang lebih detail, entah itu DED dan lain-lain juga disiapkan sehingga akan semakin kelihatan nanti. Tapi yang paling penting memang infrastruktur dasar itu harus segera dimulai," katanya.

Baca jugaPresiden Jokowi Senang Lokasi Istana IKN Bisa Melihat Seluruh Penjuru

Sebelumnya pada Senin, 14 Maret 2022, Presiden Jokowi juga memimpin prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi yang dibawa gubernur masing-masing di Titik Nol IKN Nusantara. Setelah itu, Jokowi lanjut berkemah di sana dengan ditemani Ibu Negara Iriana.

Adapun pemerintah merencanakan pembangunan IKN dimulai pertengahan tahun ini. Berdasarkan perhitungan Bappenas, megaproyek yang berlokasi di Kalimantan Timur ini bakal menelan biaya Rp 466,9 triliun. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya