News Selasa, 18 Januari 2022 | 12:01

Presiden Jokowi Pilih Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Negara Baru

Lihat Foto Presiden Jokowi Pilih Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Negara Baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam seminar Kompas100 CEO Forum disaksikan di Jakarta, Kamis (18/11/2021). (ANTARA/Indra Arief)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengumumkan Nusantara, sebagai nama Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berbicara dalam Rapat Pansus RUU IKN di Jakarta, Senin, 17 Januari 2022, Suharso Monoarfa mengatakan, perintah dari Presiden Jokowi mengenai nama Nusantara baru ia dapatkan pada Jumat pekan lalu.

"Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada Jumat lalu dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara," kata Suharso, dikutip Opsi pada Selasa, 18 Januari 2022.

Ilustrasi pradesain IKN di Kalimantan Timur. (foto: ist).

Suharso mengatakan, nama Nusantara dipilih karena telah dikenal oleh masyarakat luas sejak dahulu, baik domestik maupun global, sehingga menjadi ikon bagi Indonesia.

Menurutnya, selain itu pemilihan nama Nusantara juga karena mampu menggambarkan kenusantaraan atau keberagaman Republik Indonesia.

"Saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," ujar Suharso.

Kepala Bappenas mengatakan sebenarnya nama Nusantara untuk ibu kota baru ini telah ditentukan sejak lama, namun belum diizinkan untuk dibuka ke publik.

Baca juga: Ini Kata Salim Segaf al Jufri soal Ibu Kota Negara Baru

Baca juga: Sri Mulyani: Harga Tanah di Ibu Kota Negara Kaltim Akan Naik

"Mengenai nama ibu kota titik-titik itu memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan Surat Presiden itu tapi kemudian ditahan," kata dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya