News Selasa, 09 Agustus 2022 | 15:08

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Kijing, Pelabuhan Terbesar di Kalimantan

Lihat Foto Presiden Jokowi Resmikan Terminal Kijing, Pelabuhan Terbesar di Kalimantan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa. 9 Agustus 2022. (foto: Twitter).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 9 Agustus 2022, meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), yang diharapkan akan memperkuat daya saing produk-produk unggulan dari provinsi tersebut.

“Karena di sini (Kalimantan Barat) memiliki kekuatan besar, Crude Palm Oil (CPO), alumina, bauksit dan produk-produk lainnya, dan pelabuhan ini memiliki kapasitas 500 ribu Teus, dan juga 8 juta yang non-peti kemas,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan Terminal Kijing, Selasa 9 Agustus 2022, disiarkan YouTube Sekretariat Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan terminal di pelabuhan tersebut akan menjadi yang terbesar di Kalimantan.

“Ini adalah pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan. Tadi tanya Dirut PT Pelindo, ‘habis berapa Pak’, gede banget seperti ini, Rp 2,9 triliun,” kata Jokowi.

Dengan biaya sebesar itu, Presiden Jokowi meminta agar Terminal Kijing dimanfaatkan secara optimal untuk memperkuat daya saing, dan memperbaiki konektivitas antar-pelabuhan, antarpulau dan antarnegara.

Selain itu, Presiden Jokowj juga meminta agar jalan akses dari dan ke Pelabuhan Pontianak diperlebar.

Ia meminta langsung kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk memperlebar jalan akses ke Terminal Kijing.

“Ini Menteri PUPR hadir sehingga selesaikan sekalian, sehingga perjalanan kontainer dan non-peti kemas, semuanya bisa lancar dan tujuan akhir kita memperkuat daya saing kita bisa kita lakukan,” ujarnya.

Jokowi juga mempersilahkan jika terdapat usulan atau aspirasi untuk perubahan nama pelabuhan tersebut.

“Silakan diajukan ke pemerintah pusat, ke Presiden, saya kira seluruh aspirasi yang ada akan kita tampung, tapi pada hari ini tadi telah kita resmikan,” kata Presiden Jokowi.

Sementara, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Pembangunan ini dilatarbelakangi oleh Pelabuhan Pontianak yang makin terbatas dengan pendangkalan dan berada di tengah kota. Oleh karenanya, Kijing diharapkan untuk menggantikan Pelabuhan Pontianak dan memberikan ruang bagi kemungkinan industri yang tumbuh di Kalbar yang memiliki potensi luar biasa," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya