News Selasa, 24 Mei 2022 | 16:05

Presiden Jokowi Tunjuk Luhut Tangani Kelangkaan Minyak Goreng

Lihat Foto Presiden Jokowi Tunjuk Luhut Tangani Kelangkaan Minyak Goreng Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) dan Presiden Joko Widodo (kanan). (Foto: OIC-ES2016/Akbar Nugroho)

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengurusi kelangkaan minyak goreng di dalam negeri.

Hal ini dikatakan Luhut saat membuka acara Perayaan Puncak Dies Natalis ke-60 Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) pada Sabtu, 21 Mei 2022.

"Tiba-tiba Presiden (Jokowi) memerintahkan saya untuk mengurus minyak goreng. Jadi sejak tiga hari lalu, saya mulai menangani masalah kelangkaan minyak goreng," kata Luhut seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa, 24 Mei 2022. 

Luhut berharap permasalahan mahal dan langkanya minyak goreng tersebut bisa segera terselesaikan.

"Kita berharap itu bisa nanti tidak terlalu lama kita selesaikan," ujarnya.

Sementara, Juru bicara Menko Marves Jodi Mahardi menjelaskan, tugas Luhut diminta langsung oleh Presiden Jokowi.

"Pak Menko Maritim dan Investasi diminta Presiden untuk membantu memastikan ketersediaan dan distribusi minyak goreng sesuai target, di daerah Jawa dan Bali," kata Jodi, Senin, 23 Mei 2022.

Ia menyebut, Luhut nantinya akan berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dalam menjalankan perintah dari Presiden Jokowi dalam mengamankan stok minyak goreng.

"Pemerintah akan mengawasi secara ketat kebijakan pascalarangan ekspor ini dan akan terus melakukan paralel meeting terkait hal ini," ujar Jodi.

Jodi menambahkan, pemerintah bakal menggunakan aplikasi digital untuk melaksanakan pengawasan ini.

"Targetnya adalah minyak goreng curah dengan harga yang ditetapkan oleh pemerintah terdistribusi secara merata dan sebanyak mungkin," kata Jodi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya