Hiburan Rabu, 30 November 2022 | 11:11

Produk Gitar Indonesia Tembus Pasar Internasional, Sandiaga Uno Bangga

Lihat Foto Produk Gitar Indonesia Tembus Pasar Internasional, Sandiaga Uno Bangga Menparekraf Sandiaga Uno bersama Founder Luna Guitarworks, Tatag Bintara Yudha. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi UMKM ekonomi kreatif Luna Guitarworks yang memproduksi gitar asli Indonesia dan banyak mendapat respons positif tidak hanya dalam skala nasional tapi juga internasional.

Berbicara dalam acara Weekly Brief with Sandi Uno pada Senin, 28 November 2022, Sandiaga uno mengatakan bahwa pencapaian tersebut menjadi bukti bahwa produk-produk asli Indonesia memiliki kualitas yang dapat bersaing di dunia internasional.

"Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Luna Guitarworks yang sudah mempromosikan butik gitar asli Indonesia ke dunia internasional lewat keunikan desain gitar yang dibuat," kata Sandiaga Uno, dikutip Opsi pada Rabu, 30 November 2022.

"Semoga apa yang sudah dilakukan oleh Luna Guitarworks dapat menginspirasi pelaku-pelaku ekraf lainnya untuk terus berkarya memajukan ekonomi kreatif di Indonesia," tuturnya.

Sandiaga bilang, Kemenparekraf akan terus mendukung dan mempromosikan berbagai produk ekonomi kreatif Tanah Air.

Kemenparekraf akan terus mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk naik kelas dengan memanfaatkan teknologi dan mendorong promosi dengan memfasilitasi produk-produk ekonomi kreatif untuk ikut di ajang internasional.

"Selain itu, pelaku ekonomi kreatif biasa mengalami hambatan di perizinan, juga modal. Ini juga akan kita fasilitasi," kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno (kanan). (Foto: Kemenparekraf)

Luna Guitarworks sendiri digagas oleh Tatag Bintara Yudha sejak tahun 2016. Usaha ini dirintis berawal dari keresahannya karena di Indonesia pada saat itu belum banyak yang membuat gitar asli lokal.

Gitar yang diproduksi oleh Luna Guitarworks dibuat secara custom berdasarkan pesanan yang diterima dan secara handmade. Oleh karena itu, untuk proses pengerjaannya membutuhkan waktu selama 2 bulan hingga 1 tahun.

Hingga saat ini pembeli dari Luna Guitarworks pun beragam. Mulai dari musisi gitaris dan bass seperti Lilo KLa project, gitaris BIP, pemain bass Jazz Franky Sadikin, hingga beberapa pejabat di Tanah Air seperti Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Adapun pembeli lainnya datang dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, London, Kanada, Turki, hingga Jepang. Musisi luar negeri termasuk Jon Bodan dan gitaris Beyonce.

Founder Luna Guitarworks, Tatag Bintara Yudha, mengapresiasi dukungan Kemenparekraf/Baparekraf dalam mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif Tanah Air.

Baca juga: Song Joong Ki Bantu Promosi UMKM Indonesia, Sandiaga Uno: Terima Kasih

Baca juga: Ketemu Song Joong Ki, Sandiaga Uno Kenalkan Musik Dangdut Koplo

"Saya ingin suarakan bahwa produk anak bangsa adalah yang terbaik dan sudah ada marketnya di luar negeri. Indonesia tidak kekurangan sumber daya, kita punya bargaining sebagai produk anak bangsa," kata Tatag. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya