Daerah Kamis, 13 April 2023 | 11:04

Profil Bakal Calon Anggota DPD RI dari Riau, Patar Sitanggang

Lihat Foto Profil Bakal Calon Anggota DPD RI dari Riau, Patar Sitanggang Patar Sitanggang. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

RiauPatar Sitanggang SH MH, dinyatakan memenuhi syarat sebagai bakal calon (bacalon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Riau.

KPU Riau menyatakan Patar Sitanggang memenuhi syarat (MS) setelah dilakukan verifikasi faktual terhadap dukungan sebanyak 2.378 kartu tanda penduduk (KTP). 

Bersama Patar ada 28 nama kandidat lainnya yang dinyatakan lolos sebagai bacalon dalam rapat pleno KPU Riau di Grand Central Hotel, Selasa, 11 April 2023.

Selanjutnya ke-29 bacalon anggota DPD RI dari Riau akan disampaikan ke KPU RI untuk ditetapkan sebagai calon anggota DPD RI dan diumumkan ke publik untuk menjadi peserta Pemilu 2024.

Selepas dinyatakan memenuhi syarat sebagai bacalon, Patar menilai perjuangan para pendukungnya sangat luar biasa dan sepenuhnya dilakukan dalam semangat gotong royong.

"Saya sangat berterima kasih kepada para pendukung, terutama relawan yang telah berjerih lelah dalam mengumpulkan dukungan sehingga lolos dalam verfak. Termasuk juga kepada masyarakat Riau yang telah memberikan dukungan kepada saya," kata Patar dilansir Kamis, 13 April 2023.

Menurut Patar, lolos dalam verifikasi faktual adalah sebuah fase awal. Ke depan masih dengan penuh perjuangan. 

Itu sebabnya kata dia, barisan para relawan akan semakin diperkuat untuk menghadapi tahapan lebih lanjut.

BACA JUGA: Mantan Hakim Agung Jadi Saksi Ahli dalam Sidang Gugatan Terhadap PT Pernod Ricard Indonesia

"Semangat kita jangan kendur. Perjuangan kita dari bawah, dari rakyat dan kita akan abdikan untuk rakyat juga. Perkuat barisan pendukung dan galang dukungan sebanyak-banyaknya," kata Patar di hadapan para pendukungnya.

Patar juga bersyukur arus dukungan pencalonan terhadap dirinya terus bergulir. Sejumlah komunitas bertambah memberi dukungan. 

Misalnya barisan buruh, tani, dan komunitas lintas suku agama serta lintas profesi.

"Dukungan terus mengalir. Saya sangat kaget dan tentunya saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih untuk itu," katanya.

Profil

Patar dikenal sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Pergerakan Seluruh Advokat Indonesia (Persadi).

Dia juga aktif sebagai advokat yang memiliki kantor hukum bernama Kantor Hukum Patar Sitanggang & Partners yang berada di Jalan Dahlia No.1b, Sukajadi, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau.

Dilihat di akun Facebooknya, Patar merupakan alumni Ilmu Hukum dari Universitas Bengkulu, tamat tahun 2000.

Di organisasi kepemudaan, Patar sebagai Ketua LPPH Pemuda Pancasila Riau masa bakti 2017-2020.

Patar menjalani masa sekolah SMP di Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, lulus dari SMP Negeri 2 Parlilitan.

Meneruskan sekolah di SMA 2 HKBP Tarutung, sebelum kemudian menempuh pendidikan S1 di Bengkulu sejak 1995. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya