Pilihan Kamis, 21 Juli 2022 | 10:07

Profil Brigjen Hendra Kurniawan, Jenderal Polisi Keturunan Tionghoa yang Dinonaktifkan Kapolri

Lihat Foto Profil Brigjen Hendra Kurniawan, Jenderal Polisi Keturunan Tionghoa yang Dinonaktifkan Kapolri Brigjen Hendra Kurniawan dan keluarga. (foto: ist).

Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi menonaktifkan Brigjen Hendra Kurniawan dari jabatannya sebagai Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri per Rabu, 20 Juli 2022.

Brigjen Hendra Kurniawan merupakan sosok yang mengirimkan jenazah Nopryansah Yosua Hutabarat  (Brigadir J) ke rumah dukanya di Jambi. Dia juga disebut-sebut melarang keluarga Brigadir J membuka peti mayat almarhum Yosua yang jasadnya penuh luka-luka.

Baca jugaBrigjen Hendra Kurniawan Disebut Larang Keluarga Buka Peti Mayat Brigadir J

Selain itu, Brigjen Hendra disoroti lantaran mengintimidasi keluarga Brigadir J, lalu lancang masuk ke rumah tanpa izin dan mengunci pintu, serta melarang pihak keluarga memegang telepon genggam atau handphone.

"Terkesan intimidasi keluarga almarhum dan memojokkan keluarga sampai memerintah untuk tidak boleh memfoto, tidak boleh merekam, tidak boleh pegang HP, masuk ke rumah tanpa izin langsung menutup pintu dan itu tidak mencerminkan perilaku Polri sebagai pelindung, pengayom masyarakat," kata kuasa hukum keluarga Brigadir J, Johnson Panjaitan kepada wartawan, dikutip Rabu, 20 Juli 2022.

Perjalanan Karier Brigjen Hendra Kurniawan

Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Propam Polri Brigjen Hendra Kurniawan. (foto: ist).

Brigjen Hendra Kurniawan merupakan lulusan Akademi Polisi (Akpol) pada 1995. Ia lahir di Bandung pada 16 Maret 1974.

Dirinya menjabat sebagai Karo Paminal Divisi Propam Polri sejak 16 November 2020. Brigjen Hendra menggantikan Brigjen Nanang Avianto yang dipromosikan sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri.

Hendra Kurniawan merupakan Jenderal Polisi pertama dan satu-satunya dari keturunan Tionghoa.

Baca jugaPengacara: Brigjen Hendra Kurniawan Mengintimidasi Keluarga Brigadir J

Sebelum menjadi Karo Paminal Divisi Propam Polri, Jenderal bintang satu ini pernah menjabat sebagai Kaden A Ro Paminal DivPropam Polri.

Ia juga pernah menduduki posisi Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Divpropam Polri. Dia juga sempat menjabat sebagai Kabagbinpam Ro Paminal Divpropam Polri.

Pria yang sempat viral karena diduga anak kandung Presiden China Xi Jinping ini diketahui pernah memimpin Tim Khusus Pencari Fakta dalam kasus bentrok enam laskar FPI dan Polri di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada 7 Desember 2020 silam. Saat itu, ia jadi sorotan karena baru saja dilantik sebagai jenderal di kepolisian.

Kini, Brigjen Hendra Kurniawan disoroti seusai dicopot dari jabatannya sebagai Karo Paminal Propam oleh Kapolri. Anak buah Irjen Ferdy Sambo itu disebut-sebut mengintimidasi keluarga Brigadir J. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya