Pilihan Rabu, 17 November 2021 | 17:11

Profil Perjalanan Karier Jenderal Andika Perkasa hingga Berhasil Jabat Panglima TNI

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Kenegaraan Jakarta, Rabu, 17 November 2021. Jenderal Andika menjadi suksesor Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun awal November ini.

Mantu eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987. Andika Perkasa mengawali karier sebagai perwira pertama infanteri Kopassus Grup 2/Para Komando dan Satuan-81/Penanggulangan Teror (Gultor) selama 12 tahun. 

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, ini lalu melanjutkan kariernya ke jajaran perwira menengah dengan menjadi Sespri Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Komandan Resimen Induk (Danrindam) Kodam Jaya/Jayakarta di Jakarta, Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera Kodam I/Bukit Barisan yang berkedudukan di Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara. 

Andika yang lahir tanggal 21 Desember 1964 ini kemudian mendapatkan mandat untuk menduduki posisi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat pada bulan November 2013. Posisi tersebut merupakan sebuah posisi yang diduduki perwira berpangkat brigadir jenderal. Setelah itu Andika naik menjadi perwira tinggi bintang satu. 

Perjalanan kariernya kembali menanjak ketika dia diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan pangkat mayor jenderal, tepat dua hari setelah pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden periode 2014-2019. 

Kemudian, alumnus The Military College of Vermont, Norwich University, Vermont, USA ini melanjutkan karier militernya sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura pada tanggal 30 Mei 2016. 

Dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun, tepatnya pada tanggal 15 Januari 2018, Andika kemudian ditarik ke Jakarta untuk menjadi Komandan Kodiklat TNI AD. 

Durasi Andika ketika mengemban tanggung jawab sebagai Komandan Kodiklat TNI AD hanya 6 bulan. Enam bulan setelah ditarik untuk menjadi Komandan Kodiklat TNI AD, lantas dia ditunjuk menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis AD, yang merupakan sebuah jabatan bergengsi di lingkungan Angkatan Darat. 

Selanjutnya, pemegang gelar lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat pada tahun 2000 ini pada hari Kamis, 22 November 2018, dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang saat itu akan pensiun pada bulan Januari 2019. 

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 97/TNI/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat. 

Kini, nyaris tepat 3 tahun setelah dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Andika Perkasa sudah resmi menjadi Panglima TNI pilihan Presiden Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya