Daerah Rabu, 29 Juni 2022 | 21:06

Program Gemar Makan Ikan, Salah Satu Upaya Tekan Angka Stunting

Lihat Foto Program Gemar Makan Ikan, Salah Satu Upaya Tekan Angka Stunting Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati saat berbincang dengan anak-anak di Kecamatan Harjamukti. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon berupaya untuk terus menekan angka stunting atau pelambatan tumbuh kembang anak.

Salah satu upayanya adalah melalui program Gemar Makan Ikan. Seperti yang digelar di RW 3 Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Rabu 29 Juni 2022.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mengakui, program Gemar Makan Ikan ini digelar lima kali dalam setahun. Namun di luar itu, sosialisasi gemar makan ikan dan pencegahan stunting rutin dilakukan.

“Di luar program ini, sosialisasi tetap berjalan. Baik melalui RW, Puskesmas, Posyandu dan lainnya. Intinya mengurangi potensi masalah tumbuh kembang anak,” kata Eti.

Eti mengakui, bahwa persoalan stunting Kota Cirebon menempati posisi 10 besar dari bawah di tingkat Jawa Barat. Oleh sebab itu, Pemda Kota Cirebon akan terus berupaya untuk menekan angka stunting.

“Makanya yang hadir dalam kegiatan ini tidak hanya anak-anak dan balita. Melainkan orang tua, ibu hamil dan pra hamil. Karena kita ingin masyarakat sadar akan makanan sehat,” jelasnya.

Pihaknya juga sudah merencanakan program agar masyarakat tumbuh sehat, diantaranya dengan menciptakan sekolah sehat. 

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk menyiapkan program sekolah sehat. Hal ini juga upaya menyosialisasikan perilaku hidup bersih dan pentingnya makanan sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP), Yudi Lukmana Hakim mengatakan, tingkat kegemaran makan ikan masyarakat Kota Cirebon masih di bawah rata-rata Jawa Barat. 

“Saat ini rata-rata gemar makan ikan Kota Cirebon ada di angka 33,6 persen. Sedangkan rata-rata Jawa Barat 36,3 persen,” ungkapnya.

Baca juga:

Berdayakan Desa Pesisir, Cirebon Power Raih PDB Award 2022

Jawa Barat Raih Dua Penghargaan Nasional Prestasi Sertifikasi Kompetensi Pemerintahan

Oleh sebab itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan perangkat daerah terkait, kecamatan, kelurahan hingga tingkat RW. Titik mana yang angka stunting rawan, maka ditekan dengan program Gemar Makan Ikan.

“Penyelesaian persoalan stunting ini kita lakukan bersama. Mudah-mudahan tahun ini, target kita bisa melewati rata-rata gemar makan ikan tingkat Jawa Barat tercapai,” katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya