News Kamis, 28 April 2022 | 00:04

Projo Usulkan Pemerintah Gratiskan Biaya Tol Selama Mudik Lebaran

Lihat Foto Projo Usulkan Pemerintah Gratiskan Biaya Tol Selama Mudik Lebaran Bendahara Umum DPP Projo, Panel Barus bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Kepala Staf Presiden Moeldoko. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Mudik lebaran tahun ini diprediksi memuncak mulai Jumat, 29 April 2022 mendatang. Tapi, saat ini jalan tol yang menghubungkan jalur ke daerah tujuan mudik sudah mulai dipadati kendaraan pemudik.

Bendahara Umum DPP Projo, Panel Barus mengusulkan kepada pemerintah agar membebaskan biaya Tax on Location (tol) bagi pemudik.

"Projo mengusulkan pemerintah menggratiskan biaya tol untuk pemudik," kata Panel Barus dalam keterangannya, Kamis, 28 April 2022.

Menurutnya, kebijakan tol gratis untuk pemudik akan mengurangi beban biaya pemudik saat merayakan lebaran di kampung halaman. Selain itu, tol gratis juga akan membantu mengurangi potensi kemacetan saat kendaraan melewati gerbang transaksi.

Panel berpendapat rekayasa lalu lintas di jalan tol sudah sangat matang disiapkan oleh Polri dan Kementerian Perhubungan, namun akan lebih membantu pengurangan potensi kemacetan jika biaya tol tersebut digratiskan.

Jutaan mobil para pemudik yang melintas tidak perlu berhenti di gerbang transaksi, sehingga arus lalu lintas lebih lancar.

Pandangannya, menggratiskan biaya tol selama mudik lebaran tidak akan merugikan pengelola jalan tol.

Lantas, PROJO mengusulkan pemerintah untuk membayar kompensasi atas biaya tol yang digratiskan tersebut kepada pengelola jalan tol.

Dia menjelaskan, kemacetan arus lalu lintas adalah masalah tersendiri di luar perbaikan kualitas jalan tol dan rekayasa lalu lintas. Kemacetan membawa beban ekonomi bagi pemudik yang jumlahnya diperkirakan naik sekitar 45 persen dibandingkan pada 2019 sebelum pandemi Covid-19.

Mahasiswa Pasca Sarjana FEB Universitas Indonesia tersebut mengingatkan pemerintah bahwa setelah lebaran masyarakat tetap akan mengalami masalah akibat kenaikan harga kebutuhan pangan yang sudah mendunia.

"Keberpihakan pemerintah kepada rakyat di masa sulit ini sangat dinantikan, tol gratis akan mewarnai keindahan lebaran, tol gratis akan menjadi topik obrolan yang membahagiakan semua keluarga pemudik," ucap Panel Barus.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya