News Minggu, 09 April 2023 | 14:04

Proses Panjang GKI Bogor, Setelah 15 Tahun dalam Polemik Diresmikan saat Paskah

Lihat Foto Proses Panjang GKI Bogor, Setelah 15 Tahun dalam Polemik Diresmikan saat Paskah Sinode GKI Pdt Suhud Setyo Wardono. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Bogor - Gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengadilan Bogor Barat, yang dulunya disebut GKI Yasmin akhirnya diresmikan oleh Menko Polhukam Mahfud Md pada Minggu, 9 April 2023.

Peresmian dilakukan tepat pada saat umat Kristen di seluruh dunia merayakan Paskah. GKI ini 15 tahun dalam konflik pendirian gedung rumah ibadah.

Selama polemik berlangsung, jemaat GKI Yasmin dulunya kerap menggelar ibadah di depan Istana Negara. 

Sekum Sinode GKI Pdt Suhud Setyo Wardono dalam sambutan sebelum peresmian mengatakan, pendirian gereja GKI Pengadilan Bogor Barat ini melalui proses yang sangat panjang.

Mendapatkan solusi yang terbaik ketika ada tawaran dari Wali Kota Bogor Bima Arya, yang kemudian direspons dengan baik sinode GKI. 

Setelah melalui proses pengumpulan tanda tangan oleh jemaat dan persetujuan masyarakat Cilendek Barat, Kota Bogor, majelis mengajukan persyaratan persetujuan pembangunan gereja kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bogor.

Dan setelah melalui proses verifikasi, maka pada 27 Mei 2021 FKUB Kota Bogor menerbitkan rekomendasi pembangunan gereja di Bogor Barat.

"Setelah memenuhi syarat maka pada 11 Juni 2021 secara resmi Pemko Bogor memberikan hibah sebidang tanah seluas 1.668 meter persegi di Cilendek Barat kepada majelis jemaat GKI Pengadilan Bogor," terangnya.

BACA JUGA: 

Menurut Pdt Suhud, dukungan penuh Pemko Bogor di bawah Wali Kota Bima Arya maka terbitlah IMB GKI Pengadilan Bogor Barat, nomor 6458-/0723/IMB tahun 2021 dan diserahkan secara resmi pada 8 Agustus 2021.

"Kami meyakini proses panjang ini, proses pendirian ini panjang dan berlarut-larut. Tapi kemudian dapat diselesaikan dengan komitmen yang kuat memperjuangkan kebaikan melalui cara-cara yang bijaksana dengan mengedepankan musyawarah," katanya. 

"Akhirnya hari ini, Minggu, 9 April 2023 pada saat yang sama kami sebagai warga Bogor Barat maupun GKI dan umat Kristiani di seluruh dunia merayakan Paskah sekaligus hari ini diresmikan gedung GKI Bogor Barat, mohon bapak-bapak yang kami hormati dan cintai meresmikan pada bagian ini," tambah Pdt Suhud.

Dikatakannya, dukungan pemerintah pusat dan pemerintah kota tidak kendor sedikitpun dan itu semua itu wujud nyata pemerintah, baik pemerintah pusat, pemko bahkan warga Kota Bogor terhadap toleransi antar umat beragama di bumi Nusantara.

"Untuk hal tersebut kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya," katanya.

Dia menyebut, GKI Pengadilan berkomitmen bersama seluruh jemaat GKI untuk terus menjaga toleransi antar umat beragama, serta menjaga komunikasi yang baik dan tali silaturahmi dengan Pemko Bogor dan umat beragama yang lain di Kota Bogor. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya