News Kamis, 30 Juni 2022 | 08:06

PSM Hampir Pasti Bermarkas di Parepare, PT LIB Cek Ulang Kondisi Stadion BJ Habibie Hari Ini

Lihat Foto PSM Hampir Pasti Bermarkas di Parepare, PT LIB Cek Ulang Kondisi Stadion BJ Habibie Hari Ini Suasana di Stadion BJ Habibie Parepare. (Foto: Opsi/Rio Anthony)
Editor: Rio Anthony

Makassar - PT LIB akan mengecek kembali progres pembenahan Stadion BJ Habibie Parepare hari ini, karena stadion Kebanggaan warga Parepare itu sudah hampir pasti menjadi homebase PSM di Liga 1 2022.

"Saya sudah bicara secara lisan dengan Dirut LIB sama tim verifikatornya supaya benar-benar melihat Stadion BJ Habibie Parepare secara serius dan detail," ujar Direktur Utama PSM Makassar Munafri Arifuddin, Selasa 29 Juni 2022.

Pria yang akrab disapa Appi ini menuturkan, pihaknya segera menindaklanjuti sejumlah catatan dari PT LIB untuk pembenahan sebelum kick off Liga 1 dimulai 23 Juli mendatang. Hal itulah yang akan dicek kembali oleh PT LIB untuk diverifikasi.

"Sebelum tanggal 23 Juli 2022, sepuluh hari sebelumnya tim verifikator itu harus sudah datang lagi untuk melihat. Seperti apa perkembangannya. Progresnya," beber dia.

Diketahui saat diverifikasi pertama oleh PT LIB ada beberapa yang menjadi catatan dan harus segera dibenahi, diantaranya pencahayaan, akses masuk stadion dan struktur lapangan yang tidak merata.

Namun Wali Kota Parepare sudah berjanji akan menyelesaikan apa-apa yang menjadi kekurangan sebelum tim verifikasi datang.

Persoalan akses menuju Stadion Gelora BJ Habibie misalnya akan dilakukan simulasi. Manajemen PSM akan bekerja sama dengan pemerintah dan kepolisian setempat untuk pengaturannya.

"Kita akan coba bikin simulasinya mana yang terbaik. Tentu kita akan bekerjasama dengan pemerintah setempat dan pihak kepolisian untuk pengamanan," ungkapnya.

Appi yakin Stadion Gelora BJ Habibie bisa lolos verifikasi untuk jadi markas PSM. Apalagi harapan ini sejalan dengan PT LIB agar skuad Juku Eja bermarkas di Sulsel.

"PT LIB mau home kita benar-benar layak dan benar-benar sesuai dengan standarisasi pertandingan. Sehingga dari faktor itu kita bisa menjadikan Parepare itu sebagai home," tegasnya.

Hal ini juga mempertimbangkan kedekatan dengan suporter. Jika PSM bermain di wilayah Sulsel, Pasukan Ramang bisa mendapat dukungan yang lebih banyak secara langsung.

"Kalau main di kandang, suporter akan datang menyaksikan secara langsung. Itu kan ada supporting secara psikologis sendiri kan. Dibanding kalau kita main di luar kandang. Yah suporter juga tidak semaksimal kalau kita main di kandang," jelas Appi.

Untuk diketahui, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menentukan nasib Stadion Gelora BJ Habibie Parepare jadi markas PSM pada Kamis 30 Juni 2022 hari ini. Semua keputusan soal homebase Liga 1 ditetapkan bersamaan untuk semua klub.

"Kita lihat saja hari ini. Untuk semua klub sama 30 Juni diputuskan stadionnya," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, Rabu 29 Juni 2022. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya