Daerah Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:08

PT Inalum Serahkan Alat Usaha kepada Pelaku UMKM di Humbang Hasundutan

Lihat Foto PT Inalum Serahkan Alat Usaha kepada Pelaku UMKM di Humbang Hasundutan Pelaku UMKM di Humbang Hasundutan terima bantuan alat usaha dari PT Inalum. (Foto: Istimewa)
Editor: Tigor Munte

Doloksanggul - PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum melalui Dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan menyerahkan bantuan peralatan untuk pelaku UMKM di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Penyerahan bantuan dilakukan Vice President CSR/Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) PT Inalum (Persero), Zainuddin Iqbal Sidabutar di kantor Rumah BUMN Inalum Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sebanyak tujuh pelaku UMKM menerima bantuan dimaksud dan disaksikan pihak Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Humbang Hasundutan.

Bantuan yang diberikan berupa pembubuk kopi, alat sealer kemasan, mesin cetak mie, mesin spinner peniris minyak goreng, mesin obras, dan mixer industri.

Zainuddin menyebutkan, PT Inalum senantiasa berkomitmen mendukung setiap aspek ekonomi dari wilayah di mana perusahaan beroperasi. 

Salah satu dukungan tersebut, yakni kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Baca juga:

Inalum Gelar Pelatihan Pembuatan Batik Mangrove di Batubara

Dia mengatakan, kabupaten ini merupakan salah satu penyumbang sumber PLTA bagi Inalum, setelah Kabupaten Samosir dan Kabupaten Toba. 

Oleh karena itu kata dia, Inalum sebagai bagian dari BUMN Holding Industri Pertambangan berkomitmen dan berupaya terus menyerap serta mengembangkan potensi-potensi di Kabupaten Humbang Hasundutan, termasuk produk-produk UMKM.

Zainuddin menambahkan, Humbang Hasundutan memiliki banyak potensi yang layak dikembangkan, apalagi daerah ini masuk dalam Kawasan Danau Toba yang menjadi destinasi super prioritas. 

Harapan Munthe selaku pemilik Rajawali Coffee mewakili pelaku UMKM mengucapkan terima kasih kepada Inalum yang sudah memberikan perhatian kepada mereka.

“PT Inalum sudah banyak memberikan kontribusi, salah satunya pada sektor UMKM di mana saya merupakan salah penerima manfaatnya," kata dia.

Harapan mengaku, sejak bermitra dengan PT Inalum tahun 2019, dirinya merasakan manfaat.

Baik dari bantuan permodalan, peningkatan omzet, branding inovasi produk hingga bantuan promosi dan pemasaran di mana produk Rajawali Coffee kini sudah sampai ke Papua.

Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja Humbang Hasundutan diwakili Marintan Simbolon, menyampaikan terima kasih atas bantuan Inalum kepada pelaku UMKM di Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM dan menambah semangat untuk memaksimalkan alat usaha yang diterima dalam meningkatkan perekonomian di Humbang Hasundutan,” katanya.

Selepas acara penyerahan bantuan, para pihak yang hadir melakukan diskusi bersama terkait pengembangan UMKM di Kabupaten Humbang Hasundutan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya