News Jum'at, 11 Februari 2022 | 15:02

PT PAL dan Naval Group Tandatangani MoU Kerja Sama, Prabowo Subianto Jadi Saksi

Lihat Foto PT PAL dan Naval Group Tandatangani MoU Kerja Sama, Prabowo Subianto Jadi Saksi Menhan Prabowo Subianto (tengah). (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly, menyaksikan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara CEO Naval Group Pierre Eric Pommellet dan CEO PT PAL Kaharuddin Djenod, pada Kamis, 10 Februari 2022.

Penandatanganan MoU dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kapabilitas kedua mitra untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut RI yang terus berkembang.

Kedua perusahaan tersebut (Naval Group dan PT PAL), yang merupakan pemimpin pasar, menegaskan kesediaan mereka untuk lebih meningkatkan kerjasama dalam memberikan solusi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut RI tetapi juga dengan membuka pusat R&D (Research & Development) bersama yang melibatkan perusahaan Indonesia lainnya.

Ceo PT PAL Dr. Kaharuddin Djenod mengatakan bahwa penandatanganan perjanjian tersebut merupakan momen bersejarah bagi Indonesia dan Prancis dalam pengembangan kemampuan alutsista di Tanah Air.

"Ini merupakan sejarah yang penting bagi kedua negara. Pemerintah Prancis sangat serius dalam memberi dukungan pengembangan kemampuan alutsista Indonesia. Dan kami, PT PAL, bangga menjadi bagian penting dari momen bersejarah ini," kata Kaharuddin, dikutip Opsi pada Jumat, 11 Februari 2022.

 Prabowo Subianto menerima kunjungan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis H.E. Mrs. Florence Parly, Kamis, 10 Februari 2022. (Foto: Twitter)

Sementara CEO Naval Group Pierre Eric Pommellet mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kerja sama yang saat ini dijalin dengan Pemerintah Indonesia. 

"Kami menyambut baik pernyataan Menteri Pertahanan RI untuk melakukan kerjasama di bidang kapal selam antara PT PAL dan Naval Group," kata Pierre.

Baca juga: Prabowo Beli Enam Pesawat Tempur Rafale dari Prancis

Baca juga:Komisi I DPR Setuju Menhan Prabowo Lelang 2 Kapal Perang Indonesia

"Kami telah menandatangani MoU untuk tujuan tersebut dan berharap dapat bekerja sama dalam program kapal selam untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut RI dan untuk memperkuat industri angkatan laut dan pertahanan Indonesia," tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya