Pilihan Rabu, 07 September 2022 | 11:09

Puan Maharani, Rayakan HUT dengan Lagu Jamrud dan Teriakan Massa Aksi Demo Tolak BBM

Lihat Foto Puan Maharani, Rayakan HUT dengan Lagu Jamrud dan Teriakan Massa Aksi Demo Tolak BBM Puan Maharani saat di Tapanuli Utara. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Lahir pada 6 September 1973 atau kini berusia 49 tahun, Puan Maharani melewati hari istimewa tersebut saat memimpin sidang paripurna di DPR RI dan ada aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM bersubsidi pada Selasa, 6 September 2022.

Ada dua agenda rapat dipimpin Ketua DPR RI tersebut, yakni dalam rangka HUT ke-77 DPR RI dan penyampaian laporan kinerja DPR RI 2021-2022.

Disebut istimewa karena dua agenda tersebut digelar dan dipimpin Puan saat dirinya tengah merayakan hari lahirnya sendiri.

Dan semakin istimewa saat peserta rapat paripurna bernyanyi bersama merayakan hari jadi Puan, membawakan lagu ulang tahun dari grup band Jamrud.

Hanya saja saat itu, di luar gedung parlemen megah tersebut, mahasiswa melakukan aksi demonstrasi.

Mereka menyuarakan aspirasi, menolak kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM. Aksi mahasiswa ini seperti bersahutan dengan aksi walk out Fraksi PKS di gedung DPR RI.

Fraksi PKS melakukan WO karena menolak kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM subsidi.

Terhadap aksi demo mahasiswa, Puan menyebut pihaknya tidak menemui massa tetapi akan tetap memperhatikan aspirasi mahasiswa.

"Sampai saat ini kami akan lihat dulu. Namun, dari pernyataan atau aspirasi yang disampaikan Kami akan apa namanya mengakomodir aspirasi tersebut dan nanti akan kami sampaikan melalui komisi-komisi untuk dibicarakan dengan pemerintah," kata Puan, dilansir pada Rabu, 7 September 2022.

Dia kemudian memastikan DPR akan mengawal kenaikan harga BBM dan akan menyampaikan aspirasi para mahasiswa kepada pemerintah.

Baca juga:

Imbas Kenaikan Harga BBM, DPR: Pelaku UMKM Potensi Gulung Tikar

"Tentu saja kami akan mendengar menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah. Dan kami meminta bahwa pemerintah memang bersungguh-sungguh dalam melaksanakan penyesuaian harga BBM ini jangan sampai kemudian membuat rakyat menjadi lebih susah atau menjadi lebih sulit," tandasnya.

Profil Puan

Perempuan dengan nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi ini merupakan cucu Proklamator Ir Soekarno.

Putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut, kini menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Puan juga menduduki posisi strategis di partai yang diketuai sang ibundanya. Dia merupakan politisi perempuan yang pertama menduduki ketua DPR, sepanjang sejarah berdirinya DPR RI selama 77 tahun.

Di usia terbilang muda, Puan sudah pernah menduduki jabatan menteri koordinator di era Presiden Jokowi menjabat pertama kali, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan periode 2014-2019.

Puan juga pernah menduduki Ketua Fraksi Fraksi PDIP DPR RI periode 2012-2014. Dia duduk di Komisi VI dengan mitra kerja BUMN, perdagangan, koperasi, dan usaha kecil menengah.

Pertama kali terpilih sebagai anggota DPR RI dari PDIP pada Pemilu 2009. Selepas menjabat menteri koordinator, Puan ikut Pemilu 2019 dan kembali terpilih.

Puan bukan orang asing di dunia politik. Ibunya yang Ketua Umum PDIP, pernah menjadi Presiden RI, dan ayahnya Taufiq Kiemas politikus ulung yang pernah menjabat Ketua MPR RI 2009-2013. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya