Hiburan Jum'at, 17 Mei 2024 | 00:05

Pulihkan Mental Korban Bully, Afgan Ikut Sharing Session di Program KitaBisa

Lihat Foto Pulihkan Mental Korban Bully, Afgan Ikut Sharing Session di Program KitaBisa Momen Afgan ikut serta di program Mindkind: Bersama Lawan Bullying. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Penyanyi solo Afgan Syahreza menggelar program Mindkind: Bersama Lawan Bullying sebagai wadah pemulihan mental serta pelatihan bagi para siswa/siswi tingkat SMP/SMA/Mahasiswa sederajat di Jabodetabek dalam menghadapi perundungan.

Program ini, diinisiasi Afgan bersama melalui AfganFund yang dikelola oleh KitaBisa. Sejak lama, AfganFund dibentuk dan menghadirkan gerakan dan celengan Beasiswa Afgan untuk membantu memberikan biaya dan penunjang pendidikan bagi anak-anak yang mengalami putus sekolah, kurang mampu, dan terdampak pandemi Covid-19.

Di program Mindkind: Bersama Lawan Bullying, Afgan terjun langsung dan terlibat dalam sharing session dan QnA. Dia berbagi cerita soal masa lalunya yang pernah menjadi korban bully saat masih sekolah, mulai dari apa yang terjadi saat itu, hingga bagaimana ia menghadapi situasi tersebut dan berdamai hingga menjadi Afgan yang sekarang.

Pelantun lagu Shallow Water itu juga mengutarakan komitmennya untuk mewadahi para pelajar yang rentan menjadi korban bullying lewat Beasiswa Afgan.

Afgan dan Andi Rianto. (Foto: Istimewa)

Tak hanya Afgan, turut hadir Vikra Ijas (CEO Kitabisa) dan Novi Andriani (terapis dan CEO JiwaTumbuh, penyedia pusat pelayanan konsultasi psikologis mendalam dan psikoterapis) yang ikut memberikan pendampingan dan pelatihan mental.

Hal ini dilakukan bersama 20 terapis lainnya kepada 40 siswa/siswi SMP/SMA/Mahasiswa penerima manfaat yang hadir di acara Mindkind.

"Terima kasih banyak untuk KitaBisa dan JiwaTumbuh yang membuat event `Mindkind: Bersama Lawan Bullying` ini berjalan," ucap Afgan, dikutip Opsi pada Jumat, 17 Mei 2024.

"Senang melihat banyak orang yang ikut berpartisipasi. Aku ingin mereka yang menjadi korban perlakuan bullying maupun yang sedang pemulihan dari trauma bullying untuk bangkit," tuturnya.

Lewat program ini, Afgan bisa membantu dan memotivasi mereka untuk terus berjuang menegakkan keadilan, lebih aware pada lingkungan sekitar dan sadar akan self-worth mereka, tidak takut untuk meminta bantuan atau berkata jujur, serta berani berdiri dan lantang berbicara untuk dirinya sendiri.

Baca juga: Neona Ajak Pendengar Lawan Cyberbullying di Single Click

Baca juga: Ryan Adriandhy Bikin Film Animasi Jumbo, Angkat Tema Tentang Bullying

"Hadirnya komunitas Mankind diharapkan mampu membantu dan menyadarkan adik-adik aku ini kalau mereka tidak sendirian. Break the chain, be the change," kata Afgan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya