Daerah Selasa, 07 Juni 2022 | 12:06

Putra Abdya Jabat Rektor UTU, Ini Kata Wakil Ketua DPR Aceh

Lihat Foto Putra Abdya Jabat Rektor UTU, Ini Kata Wakil Ketua DPR Aceh Wakil Ketua DPRA, Safaruddin. (Foto:Istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Dr Ishak Hasan terpilih sebagai Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh di Kabupaten Aceh Barat periode 2022-2026. Dia menang dari dua rivalnya dengan meraih 24 suara dari total 26 pemilih.

Sesama putra Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Wakil Ketua DPRA, Safaruddin menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Dr Ishak Hasan atas terpilih sebagai rektor di universitas tersebut.

"Selamat dan sukses kepada abang saya, Dr Ishak. Semoga UTU ke depan semakin mendunia dan menjadi barometer dalam kesuksesan pendidikan Aceh," kata Safaruddin, Selasa, 7 Juni 2022.

Berikut adalah profil singkat dari, Ishak Hasan. 

Diketahui, dia lahir di Desa Cot Mane, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Selatan atau sebelum pemekaran. Sekarang Desa Cot Mane sudah menjadi salah satu desa di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Saat ini Ishak Hasan masih berkhidmat sebagai Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Universitas Teuku Umar (UTU) untuk periode kedua. Dia telah mendampingi Prof. Jasman J. Ma`ruf selama dua periode Rektor.

Sebelum bertugas di UTU sejak tahun 2015, Ishak tercatat sebagai Dosen Universitas Syiah Kuala (USK) pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Terakhir home base-nya dipindahkan sebagai dosen pada Program Doktor Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Program Pascasarjana USK.

Sejak 1 September 1986, dia diangkat menjadi Dosen USK. Pendidikan S1 diselesaikan di FKIP Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi yang tamat pada tahun 1985.

Kemudian, S2-nya diselesaikan di Universitas Padjadjaran Bandung konsentrasi Ekonomi Koperasi dan UKM. Sedangkan S3, Doktor Ilmu Ekonomi selesai di UNPAD tahun 2003.

Ishak Hasan juga tercatat sebagai Alumni Pusat Pengembangan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (P3IS) Unsyiah atau USK yang saat itu Yayasan Ilmu Sosial Indonesia Tahun 1990.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya