Hiburan Rabu, 09 Maret 2022 | 13:03

Rahasia Sukses Kompetisi D'Academy dan Liga Dangdut Indonesia di Indosiar

Lihat Foto Rahasia Sukses Kompetisi D'Academy dan Liga Dangdut Indonesia di Indosiar Deputy Director Programming Indosiar Visual Mandiri, Ekin Gabriel. (Foto: Opsi/Tangkapan Layar)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Deputy Director Programming Indosiar Visual Mandiri, Ekin Gabriel, membocorkan formula kesuksesan program ajang pencarian bakat Dangdut Academy (D`Academy) dan Liga Dangdut Indonesia (LIDA) sehingga dapat terus mendapat respons positif di masyarakat.

Berbicara dalam sesi wawancara virtual, Ekin Gabriel mengatakan setidaknya ada empat poin penting yang menjadi pondasi keberlangsungan program kompetisi D`Academy dan LIDA.

Kompetisi, kata Ekin, layaknya masakan yang memerlukan bahan baku berkualitas. Lantaran itu, proses audisi menjadi pondasi penting untuk mencari anak-anak muda berbakat dengan warna dan karakternya masing-masing.

"Kita punya warna yang luar biasa di Indonesia. Itu Yang paling penting," kata Ekin, dikutip Opsi pada Rabu, 9 Maret 2022.

Ekin menuturkan, poin penting kedua adalah maintenance yang dilakukan Indosiar kepada artis-artis jebolan ajang kompetisi.

 Poster Dangdut Academy alias D`Academy. (Foto: Indosiar)

Menurutnya, Indosiar tidak hanya berfokus kepada rating saat penayangan program kompetisi D`Academy maupun LIDA. Namun, pihaknya juga memikirkan keberlangsungan karier para alumninya.

"Kami dan anak-anak DA dekat sekali. Kami, termasuk anak-anak produksi, mendorong anak-anak DA untuk terus berprestasi di luar. Reza saat ini sudah jadi produser. Kami juga libatkan anak-anak lain untuk jadi juri," kata Ekin.

"Beberapa itu sudah jadi juri di off air, karena mereka lebih tau suara yang bagus. Kemudian ada yang main FTV, ada yang jadi presenter, ada yang rilis single dan sukses dengan banyak penghargaan," tuturnya.

Kemudian, kata Ekin, hal yang juga menjadi pondasi penting adalah inovasi. Pembaruan dalam tiap musim kompetisi, mutlak dihadirkan untuk menghindari kebosanan di pihak penonton.

Selain itu, Indosiar juga membawa brand kompetisi ke dunia internasional dengan mengggelar D`Academy Asia yang turut memperkenalkan musik dangdut ke dunia luar.

Baca juga: Ikut Audisi Online D`Academy 5, Jannah Siapkan Mental Kalah atau Menang

Baca juga: Cerita Rissa, Pinjam Wifi Tetangga Ikut Audisi Online D`Academy 5

"Inovasi. Nanti bisa dilihat kalau DA 5 ini akan berbeda. Kami juga bawa brand kami ke internasional," kata Ekin. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya