News Selasa, 26 April 2022 | 11:04

Rajin Keliling, Sandiaga Uno Masuk Bursa Cawapres Teratas Versi Survei

Lihat Foto Rajin Keliling, Sandiaga Uno Masuk Bursa Cawapres Teratas Versi Survei Menteri Parekraf Sandiaga Uno. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dikenal sangat aktif keliling Tanah Air seturut dengan tugasnya. Kegiatannya juga banyak diunggah di media sosial.

Efeknya, eks Wagub DKI Jakarta itu masuk bursa teratas sebagai calon wakil presiden hasil survei yang dilakukan Charta Politika besutan Yunarto Wijaya.

Dalam rilis yang dibagi dan dilansir Selasa, 26 April 2022, Charta Politika menyebut survei dilakukan pada 10-17 April 2022, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. 

Jumlah sampel sebanyak 1220 responden, yang tersebar di 34 Provinsi. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat dengan margin of error sekitar 2.83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto menyebut, pada pilihan wakil presiden nama Sandiaga Uno menjadi pilihan teratas, diikuti oleh Ridwan Kamil dan Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga:

Survey Charta Politika Menempatkan Polri Masuk Tiga Besar Lembaga Negara Dipercaya Publik

Materi pertanyaan yang disampaikan ke warga yang disurvei, yakni kalau pemilihan presiden dan wakil presiden diadakan sekarang, siapa yang akan dipilih sebagai wakil presiden di antara nama-nama yang sudah disediakan.

Sandiaga dipilih paling banyak, yakni 25, 4 persen. Menyusul nama Ridwan Kamil 16,4 persen, Khofifah Indar Parawansa 8,9 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 7,3 persen.

Kemudian Puan Maharani meraih 6,1 persen, Susi Pudjiastuti dan Erick Thohir 3,9 persen, eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo 2,2 persen, Airlangga Hartarto 1,8 persen, Panglima TNI Andika Perkasa 1,8 persen dan sejumlah tokoh lain di bawah 1 persen.

Sedangkan untuk calon presiden, Ganjar Pranowo unggul atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

Ganjar 29,2 persen, Prabowo 23 persen, dan Anies 20,2 persen, dan menariknya nama Sandiaga juga masuk bursa capres urutan ke-4 dengan raihan 4,9 persen. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya