News Minggu, 04 Juni 2023 | 18:06

Rakernas Partai Golkar, Airlangga Diberi Tugas Perjuangkan Sistem Proporsional Terbuka

Lihat Foto Rakernas Partai Golkar, Airlangga Diberi Tugas Perjuangkan Sistem Proporsional Terbuka Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan jajarannya. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Partai Golkar menggelar rapat kerja nasional atau rakernas pada Minggu, 4 Juni 2023.

Sejumlah keputusan penting dihasilkan dalam rakernas yang dihadiri sejumlah elite Partai Golkar, seperti Akbar Tandjung dan Theo Sambuaga tersebut.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan pengurus DPP mengumumkan keputusan dimaksud, diantaranya memberikan mandat kepada ketua umum menetapkan capres cawapres dan koalisi bersama Partai Golkar. 

"Seluruh daerah sepakat terhadap keputusan yang diambil dalam rakernas, yang pertama untuk pilpres diberikan mandat kepada ketua umum," kata Airlangga dalam keterangan persnya.

Kemudian yang kedua, terkait dengan sistem pemilu. Disebutnya, seluruh daerah dan ormas di Partai Golkar meminta agar Pemilu 2024 dilakukan secara proporsional terbuka.

"Oleh karena itu penugasan kepada DPP Partai Golkar untuk terus berjuang agar sistem proporsional terbuka bisa diperjuangkan," kata dia.

BACA JUGA: PPP Ancam Bubarkan KIB Jika PAN dan Golkar Tak Usung Ganjar Jadi Capres 2024

Ketiga, terkait dengan pemilu legislatif, Partai Golkar sudah menyerahkan daftar bakal calon legislatif ke KPU di semua tingkatan.

Hanya saja masih menurut alfabet. Ini kata dia, diminta untuk pada waktunya dibuat berdasarkan nomor urut.

Nomor urut itu sendiri berbasis kepada PDLT, yaitu prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela untuk kriteria yang diminta.

Kemudian dari sayap pemuda dan wanita diminta agar diberikan kesempatan. Khusus untuk wanita, diperjuangkan kuota 30 persen dan juga tentu caleg wanita diberikan kemudahan-kemudahan dalam kampanye.

"Kemudian seluruh ketua-ketua DPD, juga seluruh ketua-ketua umum ormas hasta karya dan yang didirikan mendirikan, bertanggung jawab untuk pemenangan pileg, pilpres, dan pilkada. Baik itu oleh DPP, oleh ketua-ketua provinsi, ketua-ketua kabupaten, ketua-ketua kota, dalam seluruh tingkatannya, seluruhnya berkewajiban untuk memenangkan Partai Golkar," tegasnya. 

Rakernas dihadiri 38 DPD provinsi se-Indonesia, 10 organisasi hasta karya yang mendirikan dan didirikan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya