Hiburan Rabu, 16 Agustus 2023 | 07:08

Ramaikan Skena Punk, Random Perkenalkan Single dan Video Klip Semangat Merdeka

Lihat Foto Ramaikan Skena Punk, Random Perkenalkan Single dan Video Klip Semangat Merdeka Unit punk asal Bekasi, Random. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Grup band Random kembali menggetarkan arena musik punk Indonesia lewat single teranyar yang diberi tajuk Semangat Merdeka. Format audio dan video klip lagu ini, diluncurkan tepat peringatan HUT RI ke 78, pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Lewat keterangan tertulisnya, Random yang kini dimotori oleh Arez (gitar/vocal), Ichank Roxx (gitar) Epoy (bass) dan Goya (drum) mengatakan bahwa perilisan single Semangat Merdeka menjadi pembuktian konsistensi mereka di skena musik punk Tanah Air.

"Karya ini tercipta setelah Random kembali lagi dengan personel lengkap di tahun 2023 ini dan memutuskan untuk mulai berkarya lagi," kata Arez, dikutip Opsi pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Dalam penggarapan single ini, mereka turut menggandeng Gilang, gitaris band pop punk No Gigs Still Party yang memang terlibat dalam banyak hal sejak kembalinya Random ke industri musik.

Bahkan, Gilang NGSP juga didaulat menjadi sutradara video klip single Semangat Merdeka, yang mengusung tema persaudaraan skena merdeka dan mengambil lokasi syuting di Kahuripan Skatepark Parung.

Unit punk asal Bekasi, Random. (Foto: Istimewa)

Dilepas pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, single dan video klip Semangat Merdeka diharapkan menjadi suntikan semangat untuk harapan dan cita-cita yang ingin dicapai setiap insan manusia.

"Liriknya memuat ajakan untuk jangan pernah patah semangat menuju masa depan, dengan cara bersatu dan bersama-sama tanpa terkecuali, seiring kemerdekaan yang dimiliki setiap orang saat ini," kata Ichank, menambahkan.

"Ini juga mencerminkan sikap Random yang peduli terhadap kehidupan sosial, tanpa ada batasan, pengotakan-kotakan atau embel-embel lainnya," tutur dia.

Sementara Epoy menuturkan, lirik positif dalam single Semangat Merdeka dibalut aransemen yang berbeda dari karya-karya Random sebelumnya. Penggunaan unsur ska, reggae dan bahkan metal, menjadi bagian dari eksplorasi segar dari para personel.

"Genre yang dipilih memang berbeda dari genre sebelumnya. Dari single ini, pendengar akan menemukan gubahan musik yang cepat khas Random, dengan menambahkan unsur ska, reggae dan sedikit sentuhan metal, dengan tempo musik yang bervariasi serta lirik yang kuat," ucap Epoy.

Unit punk asal Bekasi, Random. (Foto: Istimewa)

Berdiri sejak tahun 1997, Random tercatat pernah merilis dua buah album penuh yang masing-masing bertajuk Save D` Friendship (2001) dan Step Ahead (2006). Mereka juga terlibat dalam penggarapan sejumlah album kompilasi, di antaranya Punk Klinik (2000), Jalan Bersama (2001), Semi People (2006) dan One Soul (2010).

Saat ini, Random memiliki logo baru "RNDOM97" yang mewakili bangkitnya Random setelah hampir 16 tahun vakum merilis karya.

Single Semangat Merdeka milik Random (Rndom97) yang dirilis di bawah naungan label NewHope Records sudah dapat didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital mulai 17 Agustus 2023.

Baca juga: Ramaikan Kancah Musik Ska Indonesia, Orgie Rilis Single Malam

Baca juga: Usung Genre Pop Punk, No Gigs Still Party Lepas Single Perdana Bertajuk Salah

Sementara video klip lagu ini juga akan bisa disaksikan di platform berbagi video YouTube Rndom97 di hari yang sama. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya