News Selasa, 21 Februari 2023 | 18:02

Rampung Sudah Pembangunan Venue F1 Powerboat di Danau Toba

Lihat Foto Rampung Sudah Pembangunan Venue F1 Powerboat di Danau Toba F1 Powerboat di Danau Toba tahun 2023. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1) Powerboat di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023 sepertinya sudah siap digelar.

Pengerjaan pembangunan venue secara fisik hingga Senin, 20 Februari 2023 sudah mencapai 99,97 persen, dengan menyisakan pekerjaan pembersihan area. 

Itu disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dilansir dari laman Kementerian PUPR, Selasa, 21 Februari 2023.

Disebutnya, untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastruktur. Kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. 

"Itu yang harus kami jaga betul. Prinsip penataan kawasan wisata ini adalah merubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional," kata Menteri Basuki. 

BACA JUGA: Minim Promosi F1 Powerboat Danau Toba, Opung Luhut Tiga Kali Ditegur Jokowi

Pembangunan venue mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatra Utara, Ditjen Cipta Karya sejak 30 November 2022 dan selesai pada Selasa, 21 Februari 2023 berdasarkan kontrak. 

Dikatakan, sampai 18 Februari 2023, progres pekerjaan finishing menyisakan pembersihan area, perapian finishing atap Sopo Batak, dan pembersihan fasilitas toilet. 

Pembangunan venue berada di Kecamatan Balige dengan anggaran APBN Tahun 2022-2023 senilai Rp 35,9 miliar. 

BACA JUGA: Menteri Ini Klaim Persiapan F1 Powerboat di Danau Toba Sudah Oke

Pelaksana pekerjaan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk meliputi pekerjaan dermaga dan dry paddock yang didukung dengan pondasi pancang. 

Selanjutnya pembangunan dua unit toilet umum, pekerjaan artwork dan storytelling, pembangunan Sopo Batak, pagar keliling, saluran air, dan lansekap. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya