Daerah Minggu, 28 Juli 2024 | 15:07

Rapat dengan PB PON Aceh-Sumut, Susanti: Siantar Siap Jadi Tuan Rumah PON Cabang Tinju

Lihat Foto Rapat dengan PB PON Aceh-Sumut, Susanti: Siantar Siap Jadi Tuan Rumah PON Cabang Tinju Ilustrasi olahraga tinju. (Foto:Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani bersama Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) dan Forkopimda siap menyukseskan Siantar sebagai tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut lokasi cabang olahraga tinju.

Susanti juga sangat mengharapkan lokasi PON cabang tinju tidak berubah, tetap di Gedung Merdeka (Gedung Olahraga/GOR).

Demikian kesimpulan rapat persiapan Kota Pematangsiantar sebagai tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut cabang tinju, di Ruang Data Pemkot Pematangsiantar, Kamis, 25 Juli 2024.

Rapat tersebut bertujuan agar Siantar sukses sebagai tuan rumah PON cabang tinju, sukses meraih prestasi, sukses administrasi dalam mengelola anggaran, dan sukses dalam penyelenggaraan.

Susanti menyampaikan, suatu kehormatan Kota Siantar bisa menjadi tuan rumah PON cabang olahraga tinju. Diharapkan hal tersebut bisa menggelorakan semangat seluruh warga Siantar.

Mengingat pelaksanaan PON akan berlangsung pada bulan September mendatang, ia menyebut kegiatan tersebut bukanlah pekerjaan yang berat jika seluruh pihak bersatu.

Ia sangat menginginkan PON di Siantar untuk cabang olahraga tinju tidak berubah, yakni tetap di Gedung Merdeka, sesuai Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Nomor 188.44/231/KPTS/2023 tentang Penetapan Venue Cabang Olahraga PON XXI/2024 Sumut-Aceh untuk Wilayah Sumatra Utara.

"Kita terus bekerja keras untuk mencapai target maksimal. Yakinkan diri kita PON akan sukses di Kota Pematangsiantar. Ini akan menjadi catatan sejarah Kota Pematangsiantar. Ini kesempatan luar biasa. Akan kita perjuangkan semaksimal mungkin," kata Susanti seperti dikutip pada Minggu, 28 Juli 2024.

Untuk menyukseskan kegiatan itu, Pemkot Siantar akan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat. Termasuk melalui kaos, topi, dan lainnya.

"Sehingga masyarakat tahu dan mendukung agar PON sukses. Pastinya, Kota Pematangsiantar siap menjadi tuan rumah PON venue cabang olahraga tinju," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Bidang Venue PB PON, Mulyono mengatakan tugas pihaknya adalah menyiapkan lokasi, termasuk untuk cabang tinju di Siantar.

Pihaknya, kata dia, terus berupaya agar penyelesaian lokasi bisa rampung tepat waktu. Targetnya, 25 Agustus 2024 lokasi di Gedung Merdeka bisa selesai. Untuk kepastiannya, akan datang tim pada 31 Juli-4 Agustus untuk melakukan peninjauan.

"Jadi kita tunggu rekomendasi dari tim," tutur Mulyono.

Ia menjelaskan, Siantar harus bisa memanfaatkan event nasional tersebut. Nama Pematangsiantar, sambungnya, sudah terkenal di Jakarta.

"Termasuk produk UMKM-nya bisa dipamerkan di sekitar venue," ucapnya.

Dalam rapat tersebut, disampaikan ada 4 rumah sakit (RS) yang disiapkan untuk menunjang suksesnya pelaksanaan PON di Kota Pematangsiantar, yaitu RSUD dr Djasamen Saragih, RS Murni Teguh Horas Insani, RS Tentara, dan RS Vita Insani.

Sedangkan untuk penginapan, yaitu Siantar Hotel, Hotel Sapadia, dan Hotel Grand Zuri.

Terkait sosialisasi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pematangsiantar Johannes Sihombing memaparkan akan dilakukan penguatan sosialisasi dan penyebarluasan informasi publik melalui media sosial.

Kemudian, penempatan spanduk dan baliho di lokasi strategis (area publik, perhotelan, dan tempat wisata).

"Kita juga ada Media Center di Kantor Dinas Kominfo. Serta 30 titik WiFi di area publik," ucap Johannes.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya