News Jum'at, 09 September 2022 | 02:09

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Raja Charles III Merilis Pernyataan

Lihat Foto Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Raja Charles III Merilis Pernyataan Ratu Inggris, Queen Elizabeth II. (Foto: theroyalfamily)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Pemimpin terlama di Inggris Raya, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia, dalam usia 96 tahun. Putranya, Pangeran Charles merilis pernyataan resmi pertama sebagai Raja Charles III.

Menukil laporan di laman BBC, Raja Charles III, menyebut kematian ibu tercintanya sebagai kedukaan yang luar biasa bagi dia dan keluarganya, dan bahwa kehilangannya akan sangat terasa di seluruh dunia.

"Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai," kata Raja Charles III, dikutip Opsi pada Jumat dini hari, 9 September 2022.

"Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, alam dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia," tutur dia.

Ratu Inggris, Queen Elizabeth II. (Foto: theroyalfamily)

Ratu Elizabeth II naik takhta pada tahun 1952 dan menyaksikan perubahan sosial yang sangat besar setelah memerintah Inggris Raya selama 70 tahun.

Pemilik nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary itu meninggal dunia dalam usia 96 tahun di Balmoral, sebuah perkebunan kerajaan di Skotlandia. Ia mengembuskan napas pada Kamis sore, 8 September 2022 waktu setempat.

Sebelumnya pada Kamis pagi, para bangsawan senior telah berkumpul di Skotlandia setelah kesehatan sang Ratu mengalami penurunan signifikan.

Semua anak-anak dari Ratu Elizabeth pergi ke Balmoral, dekat Aberdeen, setelah dokter menempatkan Ratu di bawah pengawasan medis.

Cucunya dan sekarang pewaris takhta, Pangeran William, juga ada di sana, bersama saudaranya, Pangeran Harry yang kabarnya masih dalam perjalanan.

Dalam pengumumannya, pihak Istana Buckingham mengatakan bahwa jenazah mendiang sang Ratu akan dibawa ke London pada hari Jumat, 9 September 2022.

Baca juga: Pemimpin Inggris Raya, Queen Elizabeth II Meninggal Dunia dalam Usia 96 Tahun

Baca juga: Vokalis The Rolling Stones, Mick Jagger Kena Kabar Hoaks Meninggal Dunia

"Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," kata pihak Istana Buckingham []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya