Hiburan Jum'at, 09 September 2022 | 22:09

Ratu Elizabeth II Wafat, Camilla Parker Bowles Resmi Jadi Queen Consort

Lihat Foto Ratu Elizabeth II Wafat, Camilla Parker Bowles Resmi Jadi Queen Consort Ratu Inggris, Queen Elizabeth II. (Foto: theroyalfamily)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Camilla Parker Bowles dari yang semula menyandang gelar Duchess of Cornwall mendapatkan gelar baru, yakni Queen Consort alias Ratu Permaisuri, menyusul wafatnya Ratu Elizabeth II dan naiknya Pangeran Charles ke tahkta menjadi Raja.

Menukil laporan VOX, ketika Parker Bowles menikahi Charles pada 2005, dia secara otomatis menjadi Princess of Wales. Namun, dia tidak pernah menggunakan gelar itu untuk menghormati mendiang istri Charles, Putri Diana.

Lantaran itu, Camilla dikenal sebagai Duchess of Cornwall sejak pernikahanya dengan Pangeran Charles.

Selama bertahun-tahun, Camilla diperkirakan akan mengambil gelar Princess Consort ketika suaminya naik takhta, tetapi pada Februari 2022, Ratu Elizabeth mengungkapkan Camilla tidak akan mengambil gelar itu.

"Ketika, pada waktunya, putra saya Charles menjadi raja, saya tahu Anda akan memberinya dan istrinya Camilla dukungan yang sama seperti yang Anda berikan kepada saya; dan merupakan harapan tulus saya ketika saatnya tiba, Camilla akan dikenal sebagai Queen Consort karena pengabdiannya," kata Ratu Elizabeth.

Ratu Elizabeth. (foto: ist).

Gelar Queen Consort yang didapat Camilla menuai sorotan lantaran sebelumnya, publik meyakini selama bertahun-tahun bahwa Camilla akan memiliki gelar Princess Consort, sebagai pertama kalinya gelar untuk istri seorang Raja Inggris.

Queen Consort yang berarti Ratu Permaisuri, merupakan sebutan bagi pasangan wanita, pasangan atau pendamping raja. Namun yang tidak banyak diketahui, gelar ini berbeda dengan Queen alias Ratu.

Baca juga: Pemimpin Inggris Raya, Queen Elizabeth II Meninggal Dunia dalam Usia 96 Tahun

Baca juga: Deretan Gelar Baru Keluarga Kerajaan Inggris, Usai Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Consort bukanlah merupakan peran formal, tapi adalah simbol dan dukungan yang diberikan kepada Raja. Hal tersebut tentu berbeda dengan Queen yang merupakan penguasa dengan haknya sendiri. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya