Daerah Rabu, 02 Maret 2022 | 15:03

Ratusan Burung Afrika Tertahan di Bandara Kualanamu, BBKSDA Sumut Bilang Ini

Lihat Foto Ratusan Burung Afrika Tertahan di Bandara Kualanamu, BBKSDA Sumut Bilang Ini Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Andi Nasution

Medan – Ratusan burung impor asal Afrika yang tertahan di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara, ternyata sudah teregister di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatra Utara, Irzal Azhar.

Dia juga mengatakan, terdapat dokumen lengkap yang terkoneksi dengan sistem, sehingga satwa itu bebas masuk ke Sumatra Utara tanpa adanya perizinan terlebih dahulu.

"Impor burung-burung tersebut dilakukan oleh pengedar tumbuhan dan satwa liar yang sudah teregister di KLHK. Dokumen lengkap, ada sats in impor dan lain-lain. Terkoneksi dengan Indonesia National Single Window (INSW) System, sehingga satwa tersebut bisa masuk," kata Irzal kepada wartawan, Rabu 2 Maret 2022.

Saat ditanya resmi atau tidak burung tersebut, pihaknya mengatakan bahwa berkasnya sudah terpenuhi di INSW System.

"Terpenuhi persyaratannya di INSW System untuk masuk Indonesia,” katanya.

Ditanya kemana satwa itu akan dibawa, ia mengatakan tergantung yang pemegang izin.

"Terserah si pemegang izin edar. Yang penting satwa masuk sesuai izin dan sehat,” ujarnya sembari menambahkan saat ini kewenangan KLHK hanya sebatas teknis, tidak sampai ke kesehatan satwa.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya