Daerah Rabu, 27 Juli 2022 | 20:07

Ratusan Jemaah Haji Aceh Dinyatakan Bebas Covid-19

Lihat Foto Ratusan Jemaah Haji Aceh Dinyatakan Bebas Covid-19 Ilustrasi jemaah haji. (Foto: iStock)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Barkasi Aceh menyebut seluruh jemaah haji kloter satu yang telah tiba dinyatakan negatif Covid-19.

Hasil ini berdasarkan tes antigen yang dilakukan kepada para jemaah yang baru tiba dari Arab Saudi. Dengan demikian, mereka diizinkan untuk pulang ke daerah masing-masing.

"Alhamdulillah semuanya negatif," kata Kepala Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Aceh Yusri, Rabu, 27 Juli 2022.

Kata dia, jemaah haji Aceh kloter satu yang berjumlah 391 orang itu tiba di Aceh melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) pada, Selasa 26 Juli 2022 sekitar pukul 19:25 WIB.

"Begitu tiba di asrama haji dari Bandara Aceh, para jamaah langsung mengikuti pemeriksaan kesehatan berupa tes usap (swab) antigen, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19," ucapnya.

Dia menerangkan, satu per satu jemaah haji turun dari bus, langsung menuju ke ruang pemeriksaan usap antigen untuk menjalani pemeriksaan.

"Semoga kloter dua nanti juga demikian," tuturnya.

Dia berpesan tetap jaga kesehatan dan protokol kesehatan serta istirahat yang cukup saat dalam penerbangan kembali ke Tanah Air.

Lebih lanjut, dia merinci, jemaah haji kloter satu berasal dari Kota Banda Aceh 187 orang, Aceh Besar 70 orang, Aceh Utara 57 orang, Pidie Jaya 52 orang, dan Sabang 19 orang.

"Juga empat petugas kloter dan dua Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD)," ucap dia.

Sementara Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Debarkasi Aceh Tajri mengatakan dengan hasil negatif Covid-19 itu maka jamaah haji kloter langsung dipulangkan ke daerah masing-masing.

"Jamaah haji sudah dipulangkan semua ke kampung halaman, Selasa, 26 Juli 2022 malam. Yang tinggal hanya yang dirujuk ke RSUDZA karena gejala pneumonia atau radang paru-paru," tuturnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya