Daerah Jum'at, 18 Februari 2022 | 17:02

Ratusan Jiwa Terdampak Banjir di Kudus Akibat Tanggul Jebol

Lihat Foto Ratusan Jiwa Terdampak Banjir di Kudus Akibat Tanggul Jebol Tanggul sungai di Dukuh Jawik Desa Pladen Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus jebol. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Yohanes Charles

Kudus - Sebanyak 65 rumah warga di Kabupaten Kudus Jawa Tengah (Jateng) terendam banjir pada Jumat 18 Februari 2022.

Banjir tersebut disebabkan jebolnya tanggul sungai di Dukuh Jawik Desa Pladen Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. 

"Ada sekitar 65 rumah warga yang dihuni sekitar 200 jiwa terendam banjir hingga masuk kedalam rumah dengan ketinggian air antara 40 sampai 60 centimeter," kata Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Kudus, Rinardi Budiyanto.

Pihak BPBD kabupaten Kudus bersama pihak-pihak terkait langsung terjun ke lokasi melakukan penambalan tanggul yang jebol tersebut pada Jumat 18 Februari 2022.

Menurut Rinardi Budiyanto, pihaknya mendapati laporan adanya tanggul yang jebol didesa Pladen yang menyebabkan rumah-rumah warga terendam. 

"Tanggul yang jebol sekitar 3 meter. Untuk Kondisi tanggul memang tidak terlalu kuat karena sebelumnya pernah retak-retak dan hanya diperbaiki dengan timbunan karung-karung tanah sehingga rawan jebol ketika debit air sungai meningkat seperti saat ini," katanya.

Rinardi menyampaikan sebagai upaya penangganan, pihaknya melakukan penambalan dilokasi tanggul yang jebol agar air segera surut tidak masuk kepemukiman warga.

"Kami terjunkan relawan bersama warga dan TNI dan Polri untuk melakukan penambalan dan pembersihan lumpur dijalan desa agar tidak membahayakan warga yang melintas," imbuh Kalak yang baru dilantik Kamis 17 Februari 2022 kemarin.

Sementara itu sebagai bentuk kewaspadaan pada musim penghujan, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk rutin mengecek tanggul-tanggul didesa masing-masing dan segera melaporkan jika ada tanggul yang retak ataupun rawan jebol. 

Demikian juga pemantauan untuk lokasi yang rawan longsor. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya