Daerah Rabu, 12 Januari 2022 | 08:01

Ratusan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Lihat Foto Ratusan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir Ratusan rumah di Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon terendam pada Selasa 11 Januari 2022. (Foto: Opsi/BPBD Kabupaten Cirebon)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Ratusan rumah warga di Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon Jawa Barat terendam banjir setinggi 30-100 cm pada Selasa 11 Januari 2022.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon menyebutkan banjir juga merendam tempat ibadah dan sekolah.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Cirebon, Alex Suheriyawan mengatakan banjir yang terjadi di Desa Mekarsari dan Gunung Sari Kecamatan Waled diakibatkan hujan deras yang menyebabkan meluapnya Sungai Ciberes.

"Sebanyak 2.728 jiwa dari 1.082 KK dan kurang lebih 719 unit rumah, 6 unit fasilitas ibadah dan 7 unit fasilitas pendidikan terdampak banjir," kata Alex di Cirebon, Rabu 12 Januari 2022.

BPBD Kabupaten Cirebon lanjut Alex telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan perangkat desa dan anggota Desa Tangguh Bencana (Destana).

"Tim BPBD Kabupaten Cirebon bersama Destana Mekarsari telah mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan warga terdampak lainnya," tambahnya.

Selain itu, beberapa alat kebersihan juga telah diberikan kepada warga guna membersihkan sisa lumpur, sampah dan puing lainnya yang terbawa oleh banjir. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya