Daerah Kamis, 07 September 2023 | 16:09

Rawan Karhutla, Dua Wilayah di Sulbar Masuk Titik Panas

Lihat Foto Rawan Karhutla, Dua Wilayah di Sulbar Masuk Titik Panas Kepala BPBD Sulbar, Amir Maricar. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Dua wilayah kabupaten di Sulawesi Barat (Sulbar) masuk titik panas yang mengakibatkan rawannya terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar, Amir Maricar, saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Senin, 4 September 2023.

Amir Maricar mengungkapkan, titik panas di Sulbar, bahkan seluruh wilayah Indonesia dapat dilihat pada aplikasi Sipongi.

"Di Sulbar itu ada dua titik, posisinya itu ada di Mateng dan Mamuju," kata Amir Maricar.

Dia juga mengungkapkan, Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh sudah menerbitkan SK siaga darurat hidrometeorologi.

"Ini yang harus kita tindaklanjuti untuk tingkat provinsi. Insyaallah, paling lambat hari rabu kita rapat pembentukan satgas," ujarnya.

Lanjut Amir Maricar menjelaskan, pihaknya bakal melibatkan semua unsur yang terkait dengan penanganan bencana hidrometeorologi tersebut.

"Seperti TNI, Polri, Basarnas, serta OPD tingkat provinsi kita libatkan beberapa. Insyaallah kita bekerja sesuai dengan kemampuan kita. Jadi, kita akan full power," ungkap Amir Maricar. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya