News Rabu, 24 Agustus 2022 | 19:08

RDP dengan Kapolri, Sejumlah Anggota Komisi III Pakai Kemeja Bring Back Justice 

Lihat Foto RDP dengan Kapolri, Sejumlah Anggota Komisi III Pakai Kemeja Bring Back Justice  Anggota Komisi III DPR RI dari PKS Muhammad Nasir Djamil. (Foto: Tangkapan Layar YouTube)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Rapat dengar pendapat atau RDP dengan Kapolri membahas kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, sejumlah anggota Komisi III DPR RI mengenakan kemeja bertuliskan `Bring Back Justice`.

RDP digelar pada Rabu, 24 Agustus 2022 dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan 23 perwira tinggi di Mabes Polri.

Kemeja bertuliskan `Bring Back Justice` berada di sisi kanan atas kemeja yang mereka pakai. Tulisan Bring Back berwarna kuning emas. 

Posisi huruf kata back ditulis dari belakang menjadi `kcab`. Sedangkan kata justice ditulis dengan warna hitam.

Ini mengingatkan hal sama saat Komisi III bersama Kejaksaan Agung menggelar RDP pada Rabu, 1 Februari 2017 lalu.

Saai itu, Junimart Girsang yang masih duduk di Komisi III saat akan berbicara di sela Wakil Ketua Komisi III kala itu Trimedya Panjaitan soal baju yang digunakan Junimart.

Junimart memakai kemeja biru dongker bertuliskan `bring back justice` di dada sebelah kanan dan `Komisi 3` serta nama diri di kiri. Sejumlah anggota Komisi III lainnya juga mengenakannya, seperti Akbar Faisal.

Baca juga:

Viral Setumpuk Dolar Dalam Bunker karena Polri Jaga Motif Kasus Sambo

Pakaian serupa sebelumnya juga pernah digunakan anggota Komisi III lainnya, Asrul Sani saat rapat Badan Legislasi (Baleg) pada Selasa, 31 Januari 2017. 

Kata Arsul, pakaian tersebut dicetak Komisi III untuk momentum kunjungan-kunjungan kerja spesifik. 

Selain untuk menunjukkan kewibawaan, seragam itu juga untuk menjaga agar para anggota mudah dikenali saat di lapangan. 

Arsul seperti dilansir dari Kompas.com, menuturkan, ada empat macam seragam yang dimiliki Komisi III, yaitu jaket, pakaian dinas harian (PDH), pakaian dinas lapangan (PDL), dan kaus. 

Inisiatif membuat seragam `bring back justice` sebetulnya sudah lama, yaitu sejak atribut `turn back crime` yang dikenakan sejumlah jajaran Polri.

Menjamurnya atribut tersebut berawal dari aksi Kombes Krishna Murti saat menangani serangan bom Thamrin. 

Krishna kala itu menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, di mana salah satu anak buahnya adalah Ferdy Sambo. []



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya