Daerah Sabtu, 23 September 2023 | 12:09

Refleksi 19 Tahun Sulbar, PHS: Hargai Sejarah Sebagai Dasar untuk Melangkah

Lihat Foto Refleksi 19 Tahun Sulbar, PHS: Hargai Sejarah Sebagai Dasar untuk Melangkah Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam menghadiri peringatan hari jadi Sulawesi Barat (Sulbar) yang ke 19 tahun, Jumat, 22 September 2023.

Kehadiran tokoh yang akrab disapa PHS ini, menjadi bukti komitmen dan perhatiannya terhadap kemajuan kampung halamannya.

Prof Husain Syam mengungkapkan, kemajuan suatu daerah tak lepas dari pengaruh sejarah terbentuknya daerah itu sendiri.

"Jadi, orang mau maju itu haru menghargai sejarah, sebagai tolak ukur atau dasar untuk bisa melangkah," kata PHS.

Salah satunya, kata tokoh kelahiran Kanang, Polman, Sulbar ini, memberikan apresiasi terhadap para pejuang terbentuknya daerah.

"Kita semua yang ada di Sulbar, sampai di usia 19 tahun, seperti apapun yang terjadi, tetap yang pertama adalah apresiasi pejuang, letak sejarah," ujarnya.

Selain itu, apresiasi juga harus diberikan terhadap para pemimpin yang sudah melakukan banyak hal terhadap Sulbar. Meski, ada negatif dan positifnya.

"Mulai dari gubernur pertama dan seterusnya, karena itu bagian yang tidak terpisahkan dari semua proses yang berjalan sampai hari ini," pungkas PHS.

Lanjut PHS menjelaskan, tidak bisa ditepikan bahwa masih banyak yang belum dilakukan pemimpin-pemimpin Sulbar sebelumnya. Hal tersebut pun menjadi tugas pemimpin berikutnya.

"Tentu pemimpin berikutnya mesti memperbaiki yang lemah dan mempertahankan, serta memasifkan yang sudah ada," imbuhnya.

Menurutnya, pemerintahan harus dijalankan secara sustainability atau berkelanjutan, bukan step by step atau selangkah demi selangkah, demi perkembangan yang pesat.

"Kalau sudah ada yang dilakukan pendahulu, harus dilanjutkan (pimpinan) yang berikut, yang kurang diperbaiki," tutur PHS.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya