Daerah Rabu, 09 Oktober 2024 | 09:10

Relawan Lentera Kasih Gelar Pertemuan Bobby Nasution dan Pelaku UMKM di Caldera Toba

Lihat Foto Relawan Lentera Kasih Gelar Pertemuan Bobby Nasution dan Pelaku UMKM di Caldera Toba Calon Gubernur Sumatra Utara (Sumut), Bobby Nasution.(Foto:Istimewa)
CTYPE html>

Toba - Calon Gubernur Sumatra Utara nomor urut 1, Bobby Nasution, mengunjungi destinasi wisata Toba Caldera Resort di Kabupaten Toba, Sumatra Utara.

Dalam kunjungan tersebut, menantu Presiden Jokowi ini menghadiri acara Ngopi BN (Ngobrol Pintar Bobby Nasution) bersama para pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) dan UMKM. Acara ini diselenggarakan oleh Relawan Lentera Kasih (Relasi) Bobby-Surya.

Sekjen Relasi Sumut, Gito Pardede, menyambut kedatangan Bobby dengan suasana khas Batak dan melanjutkan pertemuan dengan para pelaku ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba.

Gito mengapresiasi semangat Bobby yang tetap bersemangat berdiskusi dengan masyarakat meskipun kondisi hujan.

"Diskusi sangat menarik. Pak Bobby sangat antusias menerima masukan dari teman-teman Ekraf. Beliau tetap bertahan hingga malam hari, menunjukkan energi muda yang luar biasa untuk anak-anak muda Danau Toba. Ini perlu diapresiasi," kata Gito, Selasa, 8 Oktober 2024.

Gito menilai pertemuan ini menegaskan keseriusan Bobby dalam membangun sektor pariwisata di Danau Toba. Bobby dinilai tenang dan mampu berhubungan erat dengan masyarakat lokal.

Bobby tiba di Toba Caldera Resort bersama rombongan, dan acara diskusi berakhir sekitar pukul 21.00 WIB. Bobby terlihat senang dengan suasana santai dan akrab yang berlangsung, terutama dengan nuansa anak muda.

Dalam diskusi itu, Bobby menegaskan bahwa ia tidak datang untuk berkampanye, melainkan untuk mendengarkan dan berdiskusi.

"Saya tidak ingin berjanji ini dan itu, tetapi saya akan menyampaikan apa yang sudah kami lakukan di Medan. Semoga kita bisa menerapkannya di Sumatra Utara nanti," ungkap Bobby.

Pertemuan ini dihadiri oleh Ketua Relasi Bobby-Surya Toba, Ricardo Hutapea, tokoh pemuda Boy Simangunsong, tokoh masyarakat Simon Sitorus, Ketua Alumni SMA Soposurung Eko Pardede, serta pelaku usaha pariwisata, Pokdarwis, dan UMKM di kawasan Danau Toba.

Relasi Bobby-Surya adalah relawan yang dibentuk oleh Relawan Lentera Kasih (Relasi) Prabowo-Gibran untuk memenangkan Bobby Nasution dalam Pemilihan Gubernur Sumatra Utara. Relasi Bobby-Surya beranggotakan para aktivis organisasi kepemudaan Kristen, cendekiawan Gereja, dan tokoh agama yang mendukung pasangan calon Bobby Nasution dan calon Wagub Surya.

Dalam pertemuan di Kabupaten Toba, Bobby Nasution menyebut bahwa Danau Toba memiliki banyak potensi wisata, mulai dari panorama alam yang indah hingga budaya yang memikat wisatawan.

"Danau Toba memiliki segudang potensi, mulai dari alamnya yang indah hingga adat istiadatnya yang ikonik, sehingga menjadi daya tarik destinasi wisata," pujinya.

Bobby juga menekankan pentingnya melibatkan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM, termasuk kaum disabilitas, dalam memajukan destinasi wisata Danau Toba. Menurutnya, kolaborasi antara semua pihak diperlukan untuk memajukan pariwisata demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pelaku ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba harus dilibatkan dalam pengembangan wisata. Anak-anak muda dan masyarakat harus terlibat aktif, dan kami akan hadir untuk memastikan semua pihak terlibat, termasuk kaum disabilitas yang menghasilkan produk kerajinan tangan di sini," kata Bobby.

Bobby menyatakan bahwa ia akan mengembangkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, dengan harapan peningkatan tersebut dapat mendorong perekonomian masyarakat sekitar Danau Toba.

Pengembangan Danau Toba sebagai destinasi wisata, menurut Bobby, harus mengedepankan kultur dan adat istiadat masyarakat setempat, sehingga keindahan panorama dan budaya akan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

"Bukan hanya tempatnya yang perlu kita hidupkan, bukan hanya indah dipandang mata, tapi ceritanya, kultur di sini. Ini bukan hanya tentang pemandangan Danau Toba, tapi juga indahnya adat istiadat di sini yang perlu lebih dikenalkan," pungkas Bobby.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya