News Rabu, 25 Oktober 2023 | 14:10

Resmi Jadi Cawapres Pendamping Prabowo, Ini Isi Pidato Perdana Gibran Rakabuming

Lihat Foto Resmi Jadi Cawapres Pendamping Prabowo, Ini Isi Pidato Perdana Gibran Rakabuming Calon Wakil Presiden, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pidato pertamanya usai diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Indonesia Arena GBK, Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023.

Dalam pidatonya, cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini langsung membocorkan program-program yang bakal dijalankannya bersama Prabowo Subianto jika terpilih.

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini mengatakan bahwa program yang sudah berjalan perlu dilanjutkan. Ia mengungkapkan bahwa tugasnya adalah menyempurnakan program tersebut.

"Kita semua meyakini program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan hal-hal yang terkait anak-anak muda," kata Gibran.

Pada kesempatan itu, ia menegaskan akan mendukung secara penuh program-program anak muda. Sebab, lanjutnya, Indonesia butuh generasi muda yang andal dan tangguh.

"Generasi milenial. Generasi Z. Dan jangan lupa para santri. Pasti kita dukung penuh. Kita butuh generasi muda yang andal, generasi muda yang tangguh, generasi muda yang memiliki komitmen kebangsaan," ujarnya.

Selain itu, ia juga memaparkan berbagai macam program yang akan mereka jalankan, di antaranya program dana abadi pesantren hingga kredit untuk startup.

"Ada kredit ultra mikro. Nanti akan kami tambahkan lagi. Kredit startup milenial. Ini untuk bisnis-bisnis para milenial yang berbasis inovasi dan teknologi," ucap Gibran.

Berikut ini pidato lengkap Gibran terkait sejumlah program yang akan dilanjutkan dan disempurnakan jika terpilih;

Assalamualaikum wr wb. Salam sejahtera. Shalom Om Swastiastu. Namo Budhaya. Salam kebajikan, rahayu.

Yang saya hormati Ketum Gerindra Calon Presiden Pak Prabowo. Tenang saja Pak Prabowo, tenang saja Pak. Saya sudah ada di sini.

Yang saya hormati para ketua umum partai, Ketum Partai Golkar, Ketum Partai PAN, Ketum Partai Demokrat, Ketum Partai Gelora, Ketum PBB, Ketum Partai Prima, Ketum Partai Garuda. Yang paling saya sayangi Ketum PSI. Yang saya hormati, Abah Habib Lutfi, maturnuwun sanget.

Teman-teman relawan, teman-teman senior, tokoh-tokoh agama yang saya hormati. Luar biasa sekali.

Kita semua meyakini program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan.

Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan hal-hal yang terkait anak-anak muda.

Generasi milenial. Generasi Z. Dan jangan lupa para santri. Pasti kita dukung penuh. Kita butuh generasi muda yang handal, generasi muda yang tangguh, generasi muda yang memiliki komitmen kebangsaan.

Sekali lagi, generasi milenial, generasi Z dan jangan lupa, santri. Untuk itu mohon Pak Prabowo, saya ingin membocorkan beberapa program unggulan.

Dana abadi pesantren. Dana Abadi Pesantren ini adalah mandat dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019.

Sekarang sudah ada KUR, sudah ada yang namanya kredit mekar, sudah ada namanya wakaf mikro. Ada kredit ultra mikro. Nanti akan kami tambahkan lagi. Kredit start-up milenial. Ini untuk bisnis-bisnis para milenial yang berbasis inovasi dan teknologi.

Sekarang sudah ada KIS, Kartu Indonesia Pintar, ada PKH. Nanti saya tambahkan lagi KIS Lansia.

Ada satu lagi, tapi ini yang bawa biar istri saya saja. Soalnya ini berhubungan dengan ibu dan anak. Kartu anak sehat. Untuk pencegahan stunting.

Lalu tak lupa, hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian, perikananan. Ini wajib. Dan juga ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan.

Bapak dan ibu sekalian, saya yakini keberlanjutan dan konsistensi adalah modal kita untuk melompat lebih jauh menuju Indonesia Emas.

Sekali lagi, terima kasih bapak ibu semua. Mohon doanya agar semuanya lancar. Dan semoga perjalanan kita ke depan dapat dimudahkan.

Terima kasih. Wassalamualaikum wr wb.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya