News Senin, 23 Mei 2022 | 16:05

Respons Aspirasi dan Informasi Soal Bidang Pendidikan di Aceh, Ini Kata Komisi X DPR RI

Lihat Foto Respons Aspirasi dan Informasi Soal Bidang Pendidikan di Aceh, Ini Kata Komisi X DPR RI Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X ke Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, guna menyerap berbagai aspirasi di bidang Pendidikan.

Dalam kunjungan kali ini, tim Komisi X mendengar berbagai aspirasi dari bidang pendidikan di provinsi tersebut. Pertemuan dengan Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh, M. Jafar dan jajarannya itu berlangsung di Kantor Gubernur Aceh, Jumat, 20 Mei 2022 kemarin.

"Bertepatan dengan Hari kebangkitan bangsa tahun ini kami, Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh, secara khusus atau spesifik menjaring masukan atau aspirasi serta informasi akurat terkait berbagai permasalahan di bidang Pendidikan," ujar Hetifah seperti dikutip Opsi, Senin, 23 Mei 2022.

Berbagai masukan tersebut di antaranya terkait permintaan peningkatan Tunjangan Profesi Guru di daerah 3T (terluar, tertinggal, terdepan) yang selama ini masih sangat minim. Bahkan peningkatan program pelatihan calon guru.

Kemudian masih kurangnya sarana dan prasarana serta berbagai kebutuhan yang diperlukan untuk sekolah-sekolah dari PAUD, SD, SMP, dan SMA serta perguruan tinggi.

Hetifah berjanji akan membahas hasil temuan, aspirasi, dan masukan dari Pemerintah Provinsi Aceh, serta berbagai elemen di bidang pendidikan, kebudayaan, Pariwisata, serta bidang olahraga dan kepemudaan di Aceh agar dibahas bersama pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian terkait untuk menjadi sebuah rekomendasi.

Dalam kesempatan itu Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh M. Jafar mengungkapkan bahwa pembenahan di dunia pendidikan terus dilakukan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Aceh.

Salah satunya bukti nyata adalah keberhasilan Aceh menjadi peringkat lima besar nasional dari jumlah kelulusan siswa/i SMA dan SMK yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2022.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) jumlah siswa/i SMA dan SMK dari Provinsi Aceh yang terdaftar pada SNMPTN tahun 2022 mencapai 14.768 orang dan yang diterima 5.793 orang.

Jumlah itu meningkat 167 orang bila dibandingkan dengan hasil penerimaan siswa/i yang lolos pada tahun 2021 lalu yaitu 5.626 orang.

Oleh karena itu, pihaknya berharap dukungan penuh pemerintah pusat dan DPR RI terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia atau Tenaga kependidikan di Aceh, termasuk sarana dan prasarana pendukung proses belajar-mengajar di Aceh ke depan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya