News Kamis, 05 September 2024 | 13:09

Ribuan Personel Gabungan dari 4 Polda Dikerahkan Amankan PON XXI Aceh-Sumut

Lihat Foto Ribuan Personel Gabungan dari 4 Polda Dikerahkan Amankan PON XXI Aceh-Sumut Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi. (Foto: Opsi/Istimewa)

Medan - Polda Sumatra Utara (Sumut) menyatakan kesiapan pihak kepolisian untuk mengamankan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Pada pengamanan ajang olahraga bergengsi ini, Polda Sumut juga mendapatkan dukungan dari beberapa Polda lain seperti Polda Riau, Polda Lampung, dan Polda Sumatra Selatan.

Untuk pengamanannya, kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi, ada lebih dari empat ribu personel gabungan dikerahkan dalam operasi yang diberi nama "Operasi Hatra Toba 2024".

"Empat ribu lebih personel akan tergabung dalam operasi ini, terdiri dari personel Polda Sumut dan personel tambahan dari Korlantas, Polda Sumatra Selatan, Polda Riau, dan Polda Lampung. Semua ini untuk memperkuat pengawalan dan keamanan selama pelaksanaan PON," ujar Hadi kepada wartawan, Kamis, 5 September 2024.

Ia menjelaskan, para personel yang ditugaskan ini akan bertanggung jawab dalam mengawal para atlet dari tempat penginapan menuju venue atau lokasi pertandingan. 

Lebih lanjut, dia memastikan seluruh personel gabungan sudah berada di Sumut dan telah memulai tugas mereka.

Selain itu, Hadi juga mengungkapkan bahwa TNI dan Pemprov Sumut turut membantu pengamanan lokasi-lokasi pertandingan. Kepolisian juga telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi jika terjadi insiden di venue.

"Kami sudah melakukan langkah antisipasi dengan menempatkan personel tambahan, semuanya berdasarkan perkiraan intelijen yang terus diperbarui untuk setiap pertandingan," ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa Polda Sumut akan menjamin keamanan di wilayah Sumut selama 24 jam penuh. 

Selanjutnya, dia mengimbau para atlet untuk tidak ragu menikmati suasana Kota Medan, termasuk saat malam hari.

"Kami memastikan bahwa kondisi keamanan di Sumut, khususnya Kota Medan, aman dan nyaman. Atlet yang ingin beraktivitas atau menikmati suasana malam, silakan. Polisi dan TNI akan selalu hadir untuk menjamin keamanan," ucap Hadi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya