Hiburan Senin, 25 Juli 2022 | 22:07

Ridwan Kamil Nasehati Baim Wong, Minta Batalkan Klaim Citayam Fashion Week ke HAKI

Lihat Foto Ridwan Kamil Nasehati Baim Wong, Minta Batalkan Klaim Citayam Fashion Week ke HAKI Selebriti Baim Wong. (Foto: Instagram/baimwong)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan nasehat kepada selebriti Baim Wong menyusul kisruh terkait niatannya mendaftarkan hak cipta atas fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan.

Melalui cuitan di akun Twitter miliknya, Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil itu merespons pemberitaan mengenai niatan Baim Wong dan beberapa pihak lain yang ingin mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Dirjen HAKI.

"Dear Baim Wong dkk. Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial," tutur Ridwan Kamil, dikutip Opsi pada Senin, 25 JUli 2022.

"Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula," tulis dia.

Kang Emil menilai, fenomena yang tercipta secara alami semisal Citayam Fashion Week justru akan kehilangan maksud dan tujuannya. Dia juga meminta agar hal tersebut tetap berjalan apa adanya saja.

"Sekalinya diformalkan & dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan & maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda. Biarkan ini jd cerita, bahwa fashion jalanan tetap di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional," katanya.

"Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture. Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," ujar Ridwan Kamil.

Kinoy, idola baru Citayam Fashion Week. (Foto: dok. Sinema Pinggiran)

Pada bagian akhir pernyataannya, Kang Emil meminta semua pihak untuk berhenti mencoba mengambil alih fenomena Citayam Fashion Week dari pemilik sahnya, yakni anak-anak muda yang berperan sebagai pencetusnya.

Bahkan, Ridwan Kamil juga menyarankan Baim Wong untuk mencabut permohonan pendaftaran hak atas fenomena Citayam Fashion Week ke Dirjen HAKI.

"Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda. Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini," tulis Ridwan Kamil.

Baca juga: Kemenkumham Benarkan Perusahaan Baim Wong Daftar Merek Citayam Fashion Week

Baca juga: Kinoy, Idola Baru Citayam Fashion Week di SCBD

"Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya. Hatur Nuhun," kata dia lagi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya