Hiburan Rabu, 23 Februari 2022 | 20:02

Roy Suryo Komentari Polemik Film Satria Dewa: Gatotkaca Mirip Captain Marvel

Lihat Foto Roy Suryo Komentari Polemik Film Satria Dewa: Gatotkaca Mirip Captain Marvel Poster promosi film Satria Dewa: Gatot Kaca. (Foto: Satria Dewa Studio)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Pakar telematika sekaligus pemerhati dunia pewayangan, Roy Suryo, ikut berkomentar terkait polemik kemiripan yang ada dalam film superhero Satria Dewa: Gatotkaca dengan tokoh Captain Marvel di jagat Marvel Cinematic Universe (MCU).

Dalam keterangan tertulisnya, Roy Suryo yang merupakan pemilik Museum Wayang Kekayon itu menjelaskan bahwa terdapat perbedaan mencolok antara simbol bintang yang ada di dada Gatot Kaca dengan Captain Marvel.

"Agak beda sebenarnya. Gatot Kaca agak lebih runcing beberapa sudutnya, lebih tinggi dari yang ada di Captain Marvel," tutur Roy Suryo, dikutip Opsi pada Rabu, 23 Februari 2022.

Menurut Roy Suryo, simbol bintang muncul di sejumlah tokoh dalam dunia pewayangan sejak lama. Menurutnya, simbol yang sama juga mirip dengan konsep nawa sanga yang memiliki 9 sudut dengan satu sudut di bagian tengah.

Konsep serupa, diyakini Roy Suryo menjadi ilham pada karakter Gatot Kaca. Bahkan, ia juga menyinggung istilah nawaksara milik Bung Karno, yang diduga terinspirasi dari konsep tersebut.

"Dalam kepercayaan Hindu ada Nawa Sanga, 9 dewa yang mengelilingi Dewa Wisnu. Itu sangat mungkin menginspirasi Gatotkaca," kata dia.

"Bung Karno juga sempat menggunakan istilah nawaksara dalam pidatonya. Orang bisa terinspirasi dari apa saja," ujar Roy Suryo.

 Poster promosi film Satria Dewa: Gatot Kaca. (Foto: Satria Dewa Studio)

Rumah produksi Satria Dewa Studio resmi merilis trailer film Satria Dewa: Gatotkaca, pada Selasa, 22 Februari 2022, melalui saluran YouTube resmi Satria Dewa Studio.

Dalam cuplikan berdurasi 31 detik itu, menampilkan aksi superhero asli Indonesia, Gatot Kaca dengan balutan visual efek yang mencengangkan.

Namun, logo mirip bintang yang ada di bagian dada karakter utama Gatot Kaca, memantik perhatian publik lantaran dianggap mirip dengan simbol yang ada di dada tokoh pahlawan super Amerika, Captain Marvel.

Baca juga: Hanung Bramantyo Gunakan CGI Kualitas Tinggi di Film Satria Dewa: Gatotkaca

Baca juga: Satria Dewa Studio Tetapkan Tanggal Tayang Film Satria Dewa: Gatotkaca

Film Satria Dewa: Gatotkaca sendiri, rencananya bakal tayang di jaringan bioskop Indonesia pada Juni 2022 mendatang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya