Daerah Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:08

Rumah Singgah YKI Sumut Diresmikan, Ringankan Beban Masyarakat

Lihat Foto Rumah Singgah YKI Sumut Diresmikan, Ringankan Beban Masyarakat Ketua YKI Sumut Nawal Lubis menyapa penderita kanker. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Andi Nasution

 

Medan - Rumah Singgah Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Sumatra Utara (Sumut) di Jalan Petunia Raya, Namugajah, Medan Tuntungan, Kota Medan, diresmikan penggunaannya.

Dalam peresmian pada Rabu 10 Agustus 2022, Ketua YKI Sumut, Nawal Lubis didampingi Sekretaris Zahara, mengapresiasi Dinas Kesehatan Sumut yang memfasilitasi gedung di lokasi UPT Pelatihan Kesehatan (Pelkes) sebagai rumah singgah bagi penderita kanker yang menjalani perawatan di RSUP Haji Adam Malik.

Dengan begitu, masyarakat yang menjalani pengobatan jalan, khusus kanker di RSUP HAM dan harus berulang, dapat menggunakan fasilitas inap Rumah Singgah YKI Sumut yang terletak tidak jauh dari RSUP Adam Malik.

"Tujuannya adalah penderita dari daerah (luar kota) yang menjalani pengobatan kan tidak cukup satu hari, mungkin sampai tiga hari. Untuk itu mereka bisa menggunakan rumah singgah ini, karena kita tahu penginapan harganya mahal. Dengan begitu, pikiran orang tua tidak terpecah," kata Nawal.

Sebagaimana diketahui, sambungnya, Sumut terdiri dari 33 kabupaten/kota yang jaraknya cukup jauh.

Apalagi ada yang harus menempuh perjalan 8-12 jam menggunakan mobil, harus menggunakan pesawat terbang hingga menyeberang menggunakan kapal laut.

"Karena itu dengan penyakit yang serius dan harus ditangani intensif, khusus yang menjalani kemoterapi, bisa memanfaatkan Rumah Singgah YKI untuk tempat menginap," tuturnya.

Sedangkan Kadis Kesehatan Sumut, Ismail Lubis menyampaikan peran YKI sebagai mitra pemerintah patut diapresiasi.

Sebab rumah singgah yang disediakan tersebut tidak hanya sebagai fasilitas menginap, tetapi juga tempat bertukar informasi tentang kanker serta faktor resiko, akses terapi, dokter, penyediaan nutrisi yang dibutuhkan pasien, serta dukungan lainnya kepada penderita kanker bersama keluarga/pendamping. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya