News Selasa, 01 Maret 2022 | 07:03

Timnas Rusia Disanksi FIFA, Dilarang Tampil di Piala Dunia Qatar 2022

Lihat Foto Timnas Rusia Disanksi FIFA, Dilarang Tampil di Piala Dunia Qatar 2022 Tim nasional Rusia. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Akibat menyerang Ukraina, FIFA dan UEFA melarang Tim Nasional (Timnas) Rusia beraktivitas di sepakbola. Akibat ulahnya tersebut, Rusia dikecam dunia internasiona.

Warga dunia ramai-ramai mengecam Rusia. Imbasnya Rusia diboikot di segala lini, termasuk di sepakbola. FIFA lantas bertindak dengan melarang klub-klub dan Timnas Rusia untuk bermain di kandang sendiri.

Selain itu, Rusia juga tidak boleh menggunakan bendera dan nama negaranya di setiap penampilan di ajang internasional.

Sanksi itu dirasa tidak cukup karena Rusia sudah melakukan tindakan di luar batas.

Beberapa negara seperti Swedia, Republik Ceko, dan Polandia bahkan sudah menolak untuk menghadapi Rusia di Playoff Piala Dunia 2022. Kebetulan keempat negara itu berada di pot yang sama saat pengundian.

Akibat hal tersebut, FIFA membuat keputusan yang terbilang berani, Selasa 1 Maret 2022 dini hari WIB, Rusia dicoret dari pentas internasional untuk sementara waktu.

Hukuman itu tentu lebih berat dari yang awalnya bakal diterima Rusia. Dengan demikian, Rusia dipastikan tidak bisa mengikuti Piala Dunia di Qatar akhir tahun ini.

Belum diketahui apakah Polandia, calon lawan Rusia, akan mendapat bye hingga final Playoff atau bakal ada tim lain yang menggantikan. Opsi pertama adalah Slovakia yang finis ketiga di grup yang sama dengan Rusia akan jadi pengganti.

Opsi kedua adalah menunjuk Hungaria sebagai tim dengan peringkat tertinggi di Nations League sebagai lawan Polandia. Terakhir, Norwegia sebagai tim peringkat terbaik bisa jadi pengganti Rusia.

Ternyata bukan cuma FIFA, tapi UEFA juga menghukum Rusia. Mereka melarang tim-tim Rusia untuk tampil sementara di kompetisi Eropa.

Alhasil, satu-satunya wakil Rusia tersisa di Eropa, yakni Spartak Moskow, dicoret dari babak 16 besar Liga Europa dan lawannya RB Leipzig melenggang ke perempatfinal.

Selain itu, UEFA juga memutus kerjasama dengan Gazprom, perusahaan gas asal Rusia, yang selama ini jadi partner utama mereka.

Bahkan Schalke 04 juga melakukan hal serupa kepada Gazprom, lalu Manchester United mengakhiri sponsorship dengan maskapai Rusia Aeroflot. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya